Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengetahui WA Kita Disadap Orang Lain

Cara Mengetahui WA Kita Disadap

Cara Mengetahui WA Kita Disadap
—WhatsApp adalah aplikasi bertukar pesan dan panggilan yang simple untuk digunakan. WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang paling populer, dan paling banyak digunakan.

Namun, akhir–akhir ini telah terjadi banyak kasus penyadapan data terhadap aplikasi WA. Hal itu dapat terjadi dikarenakan kurangnya keamanan yang ketat pada data yang kita miliki.

Beberapa oknum yang melakukan penyadapan terhadap WhatsApp ini, banyak digunakan untuk keperluan tertentu yang justru sangat merugikan pihak yang disadap.

Terkadang, penyadapan yang dilakukan bertujuan untuk dapat memantau aktivitas maupun informasi seseorang. Akan tetapi, pada pihak tertentu penyadapan ini dilakukan untuk melancarkan aksi jahatnya. Misalnya saja untuk menipu orang lain.

Cara Mengetahui WA Kita Disadap

Jika kamu tengah merasa WA disadap orang lain, kamu bisa kenali cirinya dan pahami cara mengetahui WA kita disadap atau tidak. 

Nah berikut ini cara mengetahui WA kita disadap yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Pemilik Akun WA Kesulitan untuk Masuk

Cara mengetahui WA kita disadap, bisa kamu kenali dengan meninjau apakah WA kamu sulit untuk masuk atau tidak. Sebab, nomor WA yang digunakan hanya dapat diakses pada satu aplikasi saja. 

Jadi, apabila akun WA kamu keluar dan masuk tanpa sepengetahuanmu, bisa jadi WA kamu udah di sadap.

2. Cek Melalui WhatsApp Web

Cara mengetahui WA kita disadap atau tidak, bisa kamu lakukan melalui WhatsApp Web yang dapat kamu akses melalui Web atau PC dan komputer.

Lalu, periksa semua sesi yang terbuka agar kamu tahu semua perangkat apa saja yang dapat terhubung dengan akun WA yang kamu miliki.

Jika kamu melihat pesan "Ponsel ini tidak dapat diverifikasi" artinya WhatsApp kamu telah diakses oleh perangkat yang tidak dapat dikenali.

3. Pesan Terbaca padahal Tidak Pernah Dibuka

Cara mengetahui WA kita disadap, sederhanya bisa kita lihat dari riwayat pesan. Biasanya pesan yang sudah terbaca akan berubah ke centang dua berwarna biru.

Namun, apabila kamu tak merasa pernah membaca pesan yang masuk, padahal tandanya sudah terbaca. Hal itu patut untuk dicurigai, sebab itu bisa menjadi ciri WA kamu disadap orang lain.

Meskipun begitu, jika kamu tak mengaktifkan notifikasi tanda baca, maka akan sulit untuk kamu sadari keadaan WA disadap atau tidak.

4. Pantau Informasi pada Kontakmu

Cara mengetahui WA kita disadap selanjutnya, dapat kamu lihat dengan meninjau informasi kontak yang kamu punya.

Jika akun kamu disadap, maka kontak yang kamu miliki dapat berubah sewaktu–waktu. Karena penyadap bisa saja merubah informasi kontakmu.

5. Baterai Ponsel Mudah Berkurang

Cara mengetahui WA disadap atau tidak, bisa kamu lihat dengan memantau kondisi baterai ponsel yang kamu miliki.

Dalam kasus ini, bisa saja baterai ponsel mudah berkurang diakibatkan salah satu aplikasi terus berjalan, walaupun kamu tidak sedang mengaksesnya. Apabila hal ini terjadi, bisa saja WA kamu sedang di sadap.

6. Menggunakan Aplikasi Anti Malware

Aplikasi Anti malware merupakan jenis perangkat lunak yang dapat di akses pada PC atau computer, untuk meninjau dan menghilangkan malware dari system yang ada dalam keadaan aktif.

Setiap saat, data atau file yang dapat diakses ke sistem pada PC maupun komputer kamu, akan dipindai oleh anti-malware yang sudah ada. Selanjutnya, akan dilakukannya peninjauan apakah malware yang ada dari file baru tersebut dikenali atau “ramah” terhadap perangkat kamu atau tergolong malware berbahaya. []


Posting Komentar untuk "Begini Cara Mengetahui WA Kita Disadap Orang Lain"