Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memperbaiki PC Tidak Mau Menyala Sama Sekali

6 Cara Memperbaiki PC Tidak Mau Menyala Sama Sekali - BerhasilKlik


Cara Memperbaiki PC Tidak Mau Menyala--PC atau komputer yang tidak dapat menyala sama sekali memanglah hal yang cukup menyulitkan. Bagaimana tidak? Hal ini tentunya membuat pekerjaan atau tugas yang tengah dikerjakan menjadi terhambat.

Jika PC atau komputer kamu tengah mengalami hal tersebut, beruntung sekali karena telah menemukan artikel ini. Kami akan membahas mengenai cara memperbaiki PC tidak mau menyala sama sekali. Agar masalahmu mampu teratasi dengan baik, simak penjelasannya sampai habis!

Cara Memperbaiki PC Tidak Mau Menyala

Penyebab PC yang tidak mau menyala sama sekali memanglah sangat beragam, seperti telah terjadi beberapa kerusakan pada komponen komputer. Maka dengan begitu, cara memperbaiki PC tidak mau menyala ini harus dilakukan dengan penanganan yang sesuai akan penyebabnya.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki PC tidak mau menyala yang mana hal di bawah merupakan langkah utama yang mesti kamu lakukan.

1. Cek Kabel Power

Cara memperbaiki PC tidak mau menyala sama sekali ialah dengan memeriksa kabel power. Pastikan kabel power dapat tersambung dengan benar agar tidak terjadi kerusakan pada kabel itu. 

Kamu bisa mencoba untuk melepas pasang kabel power dengan cara yang benar. Setelah itu pastikan kembali kabelnya mampu terpasang dengan kencang, lalu hidupkan PC.

2. Cek Keadaan Monitor

Apabila cara memperbaiki PC tidak mau menyala sebelumnya tak berhasil, pilihan yang bisa kamu lakukan selanjutnya ialah dengan mengecek keadaan monitor. Keadaan monitor yang baik, biasanya terhubung dengan sempurna ke CPU dan kabel. 

Namun, jika monitor tak bisa menyala, coba periksa ulang kabel power monitor atau ganti dengan monitor yang lain.

3. Pastikan CPU dalam Keadaan Baik

Cara lain yang bisa kamu lakukan ialah dengan memastikan CPU dalam kondisi yang baik. Periksa keadaanya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak, kamu harus bergegas untuk memperbaikinya ke tukang service yang handal.

Akan tetapi, jika kipas berfungsi, lihat kabelnya yang terlepas atau tidak terhubung dengan benar pada bagian CPU. Cobalah untuk menekan kabel tersebut dengan benar dan kuat agar terhubung dengan sempurna. Kemudian, hidupkan kembali komputer dan lihat apakah sudah kembali nyala atau belum.

4. Cek Ulang Keadaan RAM

RAM yang sudah rusak dan tak dapat berfungsi dengan baik dapat menjadi pemicu PC tak mau menyala sama sekali.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencopot RAM kemudian memasangkannya kembali pada slot khusus RAM. Setelah itu, nyalakan computer, jika masih tidak menyala, kamu harus mengganti RAM-nya dengan yang baru.

5. Periksa Kondisi Motherboard

Apabila cara-cara memperbaiki PC tidak menyala diatas masih saja tak berhasil, maka bisa dapat dipastikan ada masalah pada motherboard. Mau tak mau kamu harus membawa CPU ke tempat service untuk menanganinya.

Tingkat kesulitan untuk memperbaiki kondisi motherboard memanglah cukup sulit, sehingga dibutuhkan tenanga ahli. Maka dari itu, kami tidak menyarankan kamu untuk memperbaikinya sendiri tanpa adanya kemampuan yang mempuni di bidang ini.

6. Pikirkan Kembali Apabila Ingin Mengganti Komponen

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jikalau tak kunjung mendapat perbaikan atas langkah sebelumnya, maka kemungkinan beberapa komponen penting mengalami kerusakan yang mengakibatkannya harus digannti dengan yang baru.

Namun, sebelum hal itu dilakukan kamu harus mempertimbangkannya secara matang-matang. Konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya agar kamu tidak sembarangan membeli komponen yang baru. 

Jadi itulah pemaparan kita kali ini mengenai cara memperbaiki PC yang tidak mau menyala sama sekali. Selamat mencoba dan jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli agar kamu tidak sembarang ketika mencoba mengatasi masalah tersebut.

Ikuti terus artikel kami lainnya hanya di BerhasilKlik.com.


Posting Komentar untuk "6 Cara Memperbaiki PC Tidak Mau Menyala Sama Sekali"