Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Artikel Blog Yang Benar, Enak Dibaca Pengunjung Blog

Menulis artikel blog yang benar merupakan teknik yang cocok buat blogger termasuk sebagai pemula. alasan penulis berhasilklik.com membahas topik ini termotivasi karena masih banyak seorang penulis blog yang belum paham mengenai hal ini termasuk dari rekan seperjuangan admin blog ini. 

Seru untuk dibahas pembahasan ini karena perasaingan di ajang SEO, khususnya persaingan pageone dari penelusuran google semakin ketat. Google sangat adil juga dengan hal ini, terlebih lagi sudah memperbarui algoritma mengenai penelusuran ini dan memangkas web, blog dan situs-situs sampah.

Dengan postingan menulis artikel blog yang benar, sehingga enak dibaca oleh pengunjung blog membuat anda sebagai penulis blog mengerti bahwa ternyata dalam menulis sebuah artikel (postingan) itu ada cara yang tepat, mudah dicrawl lalu dindeks, yang akhirnya sesuai dengan yang dicari pengguna.

Cara Menulis Artikel Blog Yang Benar ?

Saat anda menulis sebuah artikel (postingan) blog di blogspot maupun wordpress, yang pertama anda harus mengisi judul blog postingan yang anda ingin buat, kemudian struktur isi artikel, deskripsi penelusuran, inputan label, tanggal, permalink, lokasi, biasanya juga di sertai tag robot kustom. Mari kita bahas bersama satu persatu :

    1. Judul Artikel (Postingan)

Dalam menentukan judul artikel blog yang anda ingin buat mesti dengan pengukuran dan penentuan kata kunci yang tepat. Anda harus mampu menentukan kata kunci untuk isi artikel yang anda ingin bahas dan tuliskan dalam artikel anda. 

Penelusuran mesin pencari ataupun google pertama-tama melihat dari judul blog anda, melihat apa sih kata kunci (keyword) artikel anda itu sesuai dengan pencarian yang dilakukan pengguna mesin pencari google. Olehnya itu dalam judul blog anda harus terdapat kata kunci yang akan relevan dengan isi pembahasan artikel anda.

Mesti anda ketahui pada judul blog itu, terdiri dari 2 kata kunci yaitu biasa disebut keyword & long tail keyword. Kami beri contoh pada artikel ini menggunakan judul " cara menulis artikel  blog yang benar, enak dibaca pengunjung blog " . Maka bisa diuraikan bahwa :
 
- kata kunci (keyword) artikel ini : Cara Menulis Artikel Blog

- long tail keyword artikel adalah judul blog itu sendiri secara utuh.

Nah itu contoh dan bagian dari komponen judul blog artikel yang bisa anda ikuti. Jadi tentukan dulu kata kunci apa seputar artikel yang ingin anda bahas lalu buat long tail keyword nya untuk judul secara menyeluruh.

Tip : Jika membuat judul artikel (postingan) blog, buat long tail keyword dengan jumlah karakter huruf dan ejaannya tidak lebih dari 70 Karakter saja

    2. Struktur Isi Artikel

Selanjutnya jika anda sudah paham membuat judul artikel blog, kemudian menulis isi artikel anda. Ketika menulis isi artikel ada kaidah struktur isi artikel yang anda mesti pahami dengan benar agar konten artikel anda berkualitas dan mampu menjadi nilai tambah pengindeksan penelusuran google. Mari kita bahas bersama.

Struktur postingan artikel blog ini sangat berpengaruh pada kualitas artikel blog dan seo on page. Implementasi keyword, heading, subheading, paragraf adalah kuncinya. Ketika anda menuliskan isi artikel blog usahakan keyword struktur headingnya pada posisi yang tepat. Artikel kami yang lalu sudah membahas ini juga di artikel tentang approve adsense.

Letak kata kunci (keyword) dan heading artikel yang tepat untuk isi artikel seperti berikut :

  1. Tempatkan  kata kunci artikel anda di setiap paragraf usahakan jika pembahasannya bisa masuk dan relevan. Jangan memaksakan juga, keseringan menuliskan kata kunci apalagi di paragraf yang cuma terdiri dari satu atau dua baris. Kalau keseringan menuliskan keyword nantinya artikel anda hanya dipandang sebagai artikel spa-m.
  2. Terapkan semua bagian utama pada isi artikel anda sebagai judul / heading.2 (h2) dan selanjutnya untuk sub dari bagian utamanya sebagai h3 bisa ada paragraf , h4 bisa ada paragraf. Kami beri gambar seperti di bawah ini : 
cara menulis artikel blog
Klik Gambar Bila Ingin Memperbesar

Tip : Untuk pengguna blogspot sebagaiknya pada saat menulis artikel blog gunakan saja yang paragraf bukan yang normal.

    3. Deskripsi Penelusuran

Ketika anda membuat sebuah artikel blog, anda diminta juga untuk menuliskan di deskripsi penelusuran. Nah deskripsi penelusuran ini anda dibatasi sebanyak 150 karatker saja. 

Tuliskan deskripsi artikel blog anda yang mengurasikan secara menyeluruh sesuai isi pembahasan di artikel anda jika muat sebanyak karakter tersedia. Jika tidak tulis saja tanda baca  "..." di akhir deskripsi penelusuran yang anda buat.

    4. Lengkapi masukkan Label, Permalink, Lainnya

Kemudian lengkapi masukkan label, permalink, tanggal publikasi, lokasi untuk artikel anda yah. Tuliskan yang sesuai dengan isi artikel anda upayanya label anda. Mesti ada ingat untuk memeriksa permalink anda. Jika menemukan permalink yang terpotong, maka ubah lah  ke permalink khusus biar cara menulis artikel blog anda sesuai dengan isi pembahasan.

Inilah yang bisa kami dari berhasil klik dapat bagikan ke anda tentang Cara Menulis Artikel Blog Yang Benar, Enak Dibaca Pengunjung Blog semoga anda paham dan bisa mengimplementasikan jika anda menulis isi artikel (postingan) blog. 

Semoga ini juga bisa menjadi berkah untuk kami dan apabilah ada pertanyaan atas kekurangan dan tidak jelas silahkan tinggal pesan kolom komentar di bawah. 

1 komentar untuk "Cara Menulis Artikel Blog Yang Benar, Enak Dibaca Pengunjung Blog"

Cynthia 1 November 2022 pukul 21.05 Hapus Komentar
Konten yang Bermanfaat. Terima Kasih - https://sudutpandangcynthia.blogspot.com/