Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Buat Password Excel Dengan Cepat Agar File Workbook Terlindungi

Saat ini kita sudah tidak asing lagi dengan excel baik dari sisi fiturnya maupun penggunaanya. Excel atau Microsoft excel merupakan tool sekaligus media untuk digunakan dalam pengelolaan data numerik, scientific dan grafis. Berhasilklik.com saat ini beropini bahwa saat ini excel sudah dianggap sebagai teman belajar baik dari segi membaca data ataupun dari segi perencanaan strategi. 

buat password excel
Photo by Rubaitul Azad on Unsplash

Pada artikel ini mengambil pokok pembahasan mengenai cara membuat password excel agar file workbook excel terlindungi. Pembahasan ini sungguh sangat bermanfaat karena saat ini excel menjadi alat bantu bagi semua kalangan dan profesi, misalnya pelajar, pebisnis, pedagang, pegawai dan profesi lainnya.

Password Excel

Tentang bagaimana cara buat password excel itu sebenarnya mudah, namun makna yang penting diutamakan sebenarnya biar file excel workbook ini terlindung. 

Password excel itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu ada password excel yang membatasi pengguna lain tidak dapat melihat dan ada yang dibatasi bisa melihat isi file namun tidak dapat mengubah isi data file.

Di bawah ini akan dibahas 4 cara buat password excel dengan cepat agar terlindungi. Membuat password excel ini menjaga isi data-data anda biar tidak mudah untuk diubah dan dimanipulasi oleh pihak lain.

Dengan membuat password excel juga artinya anda dapat membatasi siapa saja yang berhak untuk melihat atau mengubah dari isi data-data anda dengan membatasi pemberian password ke pada orang selain anda.

1. Cara Buat Password Excel Lewat Save As

Pertama, kita dapat buat password excel melalui save as, hal ini anda dapat lakukan ketika membuat file data excel namun belum anda simpan artinya file nya baru saja anda buat. Cara buat passwordnya cukup mudah yaitu :

  • Arahkan kursor anda ke menu file excel dan klik
  • pilih save as lalu plih browse
  • kemudian tentukan data file excel yang anda baru buat mau disimpan di alamat direktori mana
  • tuliskan nama file & tentukan format type excel yang mau disimpan (default excel workbook)
  • Klik Tools pada bagian samping kiri tombol save, kemudian pilih general options
  • Kemudian muncul dua kolom dan tulis password anda:
  1. Password to open : adalah kolom buat password file excelnya itu pada saat dibuka  filenya akan muncul permintaan password dan tidak bisa dilihat oleh siapapun isi filenya. Sedangkan,
  2. Password to modify : adalah kolom buat password file yang bisa dilihat oleh siapapun isi filenya namun isi data dalam file tersebut tidak bisa diubah dan dihapus tanpa memasukkan password yang sudah dibuat.
  • Setelah anda memilih jenis password dan input password excelnya. Klik Ok dan klik save.

2. Cara Buat Password Excel Info Protect Document

Cara kedua, kita dapat buat password excel melalui Info Protect Document, hal ini dapat dilakukan ketika anda mempunyai file yang sudah tersimpan tapi belum ada passwordnya. Cara buat passwordnya cukup mudah yaitu :

  • Buka file excel workbook anda
  • Ketika sudah terbuka filenya, arahkan kursor anda ke menu file dan klik
  • Plih Menu Info left bar
  • Klik Protect Workbook dan pilih Encrypt with Password
  • Kemudian Input password yang ingin anda gunakan pada file excel
  • Klik Ok, terakhir ketik di keyboard ctrl + S. Maka file excel anda sudah terlindungi password.

3. Cara Buat Password Excel Sheet

Cara ketiga, buat password excel pada sheet. Password sheet ini dapat digunakan untuk melindungi beberapa sheet yang menjadi pilihan untuk dilindungi. Cara buat passwordnya cukup mudah berikut ini:

  • Buka file excel anda
  • Arahkan kursor anda ke sheet file excel, misalnya sheet 1
  • Lalu klik kanan nama sheet 1 itu
  • Pilih protect sheet
  • Masukkan password untuk sheet 1 yang ingin anda lindungi dengan password
  • Anda juga bisa memilih hanya beberapa bagian field saja yang ingin diberi password, seperti kolom, baris atau format cells, dll
  • Lalu klik ok
  • Dan Sheet 1 anda sekarang sudah terlindungi password.

4. Cara Excel Terlindungi Tanpa Buat Password Excel

Cara keempat, cara excel terlindungi walau tidak diberi password yaitu dengan cara membingkainya dengan file rar atau zip. Cara ini sebenarnya untuk melindungi data file excel anda terhadap virus dan malware yang bisa saja ada pada komputer ataupun lapto yang anda miliki. Juga dapat melindungi data file anda saat dibagikan ke orang lain dalam bentuk rar atau zip.

Cara cukup mudah, bisa menggunakan apliasi winrar, 7zip dan winzip. Jika anda sudah pernah mengistall apliaski winrar, 7zip dan winzip dan sudah terpasang di laptop anda. Lakukan cara ini :

  1. Tentukan dan cari file yang ingin anda bingkai dan lindungi dengan rar
  2. Klik kanan data file excel anda. (Misal nama file : excel1.xlsx)
  3. Kilik kanan file excel1.xlsx lalu Pilih Add to “excel1.rar”
  4. Kemudian akan terbentuk file rar untu excel1.xlsx
  5. Sekarang anda suda memiliki file excel1 yang terlidungi oleh bingkai rar.  

Itulah rangkuman dari berhasil klik yang dapat kami bagikan untuk anda, mengenai pentingnya untuk buat password excel melalui artikel 4 cara buat password excel dengan cepat agar file workbook terlindungi, semoga data file excel anda selalu anda lindungi sehingga bisa digunakan kapanpun dan menjadi data yang selalu bisa anda gunakan.

Posting Komentar untuk "4 Cara Buat Password Excel Dengan Cepat Agar File Workbook Terlindungi"