Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Keyword Research? Lalu Bagaimana Riset Keyword Untuk Optimalkan SEO ON PAGE?

Apa itu Keyword Research ?

Keyword research adalah proses untuk meriset kata kunci yang tepat untuk konten halaman situs. Riset kata kunci ini erat kaitannya dengan crawl dan pengindeksan mesin pencari google maupun mesin pencari yang lainnya. Riset kata kunci adalah kata penentu utama halaman situs mendapat peringkat di list pengindeksan google. 
berhasilklik.com - Keyword research sering dilakukan untuk membantu dalam menentukan kata kunci yang tepat bagi konten halaman situs sehingga dicrawl google lalu diIndek sehingga mudah ditemukan oleh pengguna mesin pencari google.

contoh keyword pada artikel ini : Keyword & SEO ON PAGE

Keyword Research harus dilakukan dengan tepat, karena tidak hanya peringkat situs kita terhadap google, tetapi di mesin pencari google juga itu sangat banyak situs pesaing yang mungkin saja lebih terarah oleh mesin pencari dan lebih unggul. Pelajari selengkapnya.    

Bagian & Jenis Keyword Halaman Situs 

Bagian dan jenis keyword halaman situs ini mesti anda pahami dengan benar, biar dalam proses keyword research anda tepat. Karena mencari keyword halaman situs itu tidak mudah, minimal relevansi antara keyword dan konten halaman situs anda harus sesuai. Jika relevansi nya bagus maka dampak paga SEO ON Page anda juga bagus.

   Bagian-bagian keyword halaman situs :

1. Head Keyword
2. Kualitas Traffik
3. Kompetitor
4. Volatilitas SERP

   Jenis – jenis keyword halaman situs :

1. Keyword bersifat Informasi
2. Keyword bersifat Navigasi
3. Keyword bersifat Komersil
4. Keyword bersifat Transaksional


Pada semua konten dari halaman situs ini akan menerapkan bagian keyword, akan tetapi untuk jenis keyword halaman nya pasti berbeda-beda tergantung isi dari halaman situs itu sendiri. Anda mesti sangat jeli dalam memahami isi dari konten situs anda dan tentukan keyword anda. Untuk hal tersebut anda bisa, Pelajari Selengkapnya.

Alasan Perlu dilakukan Riset Keyword

Terdapat beberapa alasan yang mesti anda ketahui dan ingat tentang perlunya dilakukan riset keyword ini sebelum anda mempublikasikan halaman situs. Baik untuk traffic dan lainnya, berikut uraiannya:
1. Memastikan Volume Pengunjung Untuk Keyword untuk halaman situs, jika tidak dilakukan riset keyword bisa saja tidak ada volume pengunjung yang mencari keyword yang kita buat pada mesin pencari google. 
2. Terdapat banyaknya pesaing dari situs lainnya
3. Lokasi yang strategis untuk keyword yang kita buat untuk halaman situs
4. Peringkat halaman
5. Untuk mengoptimalkan SEO ON PAGE halaman situs.
6. Mengukur potensial keyword yang menarik buat pengguna.

Cara Riset Kata Kunci (Keyword) Untuk Optimalkan SEO ON PAGE

Berangkat untuk mengetahui Bagaimana Cara Riset Keyword untuk Optimalkan SEO ON Page cukup mudah yakni bisa riset secara langsung maupun tidak langsung. Namun, penerapan riset secara langsung jarang dilakukan kemungkinan karena anda membutuhkan waktu yang lama dan Analisa yang lebih sulit.

Riset keyword secara langsung bisa anda lakukan dengan menggunakan google search kemudian masukkan kata kunci yang ingin anda survei dan amati. Akan ditampilkan beberapa daftar situs sesuai keyword yang and acari. Biasanya pada page one google search itu dimulai dari situs yang memiliki peringkat yang tinggi atau halaman situs yang sangat sesuai dari inputan keyword.  Sedangkan,

Riset keyword secara tidak langsung anda bisa menggunakan tool gratis dari google atau yang berbayar seperti ahrefs ,semrush dan lainnya.
  Jika anda tidak mau yang berbayar silahkan gunakan keyword planner google saja. Untuk caranya:
1. Kunjungi google keyword planner
2. Login akun google anda
3. Kemudian anda diminta untuk memasukkan payment detail, masukkan saja kartu debit atm anda lalu klik save
4. Setalah itu anda akan dibawa ke tampilan dashboard utama Keyword Planner, anda bisa hapus kampanye dengan mengklik pojok kiri atas pada baris pilihan kampanye atau membiarkan saja. 
5. Klik pada bagian atas Menu Alat Dan Setelan >> Pilih Perencanaan >> Klik Keyword Planner
6. Kemudian anda dibawah ke Dashboard tampilan Keyword Planner :
risetkeyword

7. Kemudian anda akan disajikan 2 pilihan tool keyword
a. Temukan kata kunci baru
Pada tool ini anda akan diminta untuk memasukkan keyword yang ingin anda riset dan diminta juga alamat situs anda, atau hanya pilihan mulai dengan situs.
Tool ini akan membantu riset keyword-keyword turunan pada situs anda.
b. Dapatkan volume penelusuran dan perkiraan

Pada tool ini, pertama-tama anda akan diminta keyword yang ingin anda riset. Anda bisa memasukkan beberapa atau lebih dari satu keyword anda. Lalu klik mulai, anda akan mendatkan data keyword yang anda riset seperti penelusuran bulanan rata2, tingkat persaingan, pangsa tayangan iklan, dll. Pelajari selengkapnya.

Tips : Jika anda sudah meriset keyword dan menemukan yang potensial, relevan dengan isi konten halaman anda sebaiknya gunakan perulangan penyebutan keyword tersebut di halaman situs anda. Ini akan mendapat nilai tambah untuk kualitas SEO ON PAGE yang anda bangun

Inilah yang bisa berhasilklik.com bisa bagikan untuk anda, semoga postingan Apa itu Keyword Research? Lalu Bagaimana Riset Keyword Untuk Optimalkan SEO ON PAGE? , bisa membantu anda dalam mengembangkan situs anda lebih baik lagi. 


Jika ada pertanyaan seputar teknisnya secara langsung ataupun komentar anda. Silahkan sampaikan di kolom komentar artikel ini. 

Posting Komentar untuk "Apa itu Keyword Research? Lalu Bagaimana Riset Keyword Untuk Optimalkan SEO ON PAGE?"