Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Iklan Tokopedia Ternyata Mudah Tanpa Takut Rugi - Begini Caranya

Tentang Iklan Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu market place online di Indonesia. Sebagai salah satu market place di indoneisa Tokopedia sudah cukup dikenal oleh netizen dan masyarakat Indonesia. Sejak berdirinya di tahun 2009 tokopedia sudah menjadi salah satu pilihan belanja online di Indonesia. 

iklan tokopedia
Gambar oleh talha khalil dari Pixabay
Sebagai market place di Indonesia, Tokopedia menjadikan semangat baru para pedangang untuk mengiklankan, memasarkan dan menjual produknya. Ini menjadi salah satu kunci para pedangang untuk menjual dagangannya lebih luas lagi secara online selain menjual langsung di toko dan ruko.

Namun buat Iklan Tokopedia jangan asal-asal saja, terlebih lagi anda sebagai pemula yang mau menjualkan produk dan barang anda secara online di Tokopedia. 

Karena untuk buat Iklan di Tokopedia menarik itu membutuhkan dana dan pengoptimalan agar produk anda dikenal, dipasarkan dengan luas, mendapatkan ulasan dengan baik, terjual sesuai harapan untuk meningkatkan omzet dan terakhir peringkat penjualan anda bisa meningkat untuk menghasilkan keuntungan tanpa takut untuk rugi saat beriklan di Tokopedia.

Pada tulisan ini Tips Buat Iklan Tokopedia Ternyata Mudah Tanpa Takut Rugi , akan membahas Langkah-langkah yang tepat untuk ber-Iklan di Tokopedia. Tidak hanya untuk anda yang baru mau membuat Iklan Tokopedia maupun anda yang sudah berIklan di Tokopedia namun omzetnya belum tumbuh 8 persen sampai 10 persen. Pembahasan kali ini sebatas Iklan Tokopedia pada Iklan Produk. 

Langkah-langkah buat Iklan Otomatis Tokopedia Untuk Pemula

1. Buat lalu login ke akun Tokopedia seller. Unduh aplikasi seller Tokopedia di playstore atau gunakan desktop kunjungi seller.tokopedia.com
2. Pilih Menu Iklan dan Promosi pada tampilan dashboard
3. Klik Tambah Kredit Pojok Kanan Atas (Untuk Top Up Saldo Iklan)
4. Tentukan nominal nilai yang ingin anda Top Up untuk Iklan Anda
5. Setelah anda top up saldo iklan, Cari di bagian TopAds-> Pilih Iklan Otomatis-> Iklan Produk
6. Klik button Pengaturan Iklan Otomatis-> Atur Anggaran harian anda, Kami sarankan untuk memilih kecil-kecil saja dulu seperti Rp15.000 – Rp50.000 per hari. Lalu klik Simpan.  Sampai sini anda selesai membuat Iklan Tokopedia Otomatis untuk Produk Anda

Catatan : Iklan Tokopedia akan berhenti ditayangkan oleh algoritma Tokopedia. jika Saldo TopAds anda sudah habis.

Ingat Tips Ini
Sebagai pemula untuk Iklan Tokopedia produk anda sebaiknya :

1. Baca dan Pahami Syarat Ketentuan Toko Baru di Tokopedia
2. Buatlah iklan produk tokopedia di tanggal strategis yaitu di tanggal 23 s.d tanggal 10 di awal bulan depan. Ini supaya Iklan Tokopedia anda menjadi lebih potensial untuk produk anda dibeli oleh para pengguna Tokopedia atau yang belanja online, sebab di tanggal itu adalah tanggal dimana banyak orang yang sudah terima gaji.
3. Untuk di awal gunakan budget atau dana yang minimal untuk saldo TopAds anda.
4. Lakukan evaluasi untuk Iklan Tokopedia yang anda sudah buat setelah 3-4 hari, dan ingat jangan evaluasi atau menilai rendah satu hari setelahnya. Sebaiknya gunakan Desktop dan kunjungi alamat url seller Tokopedia, itu akan lebih memaksimalkan anda dalam mengevaluasi Iklan Tokopedia yang anda buat.
5. Lakukanlah evaluasi ini untuk menilai apakah iklan anda, ada yang klik dan ada yang beli produk anda dari iklan Tokopedia yang anda buat atau tidak. Lakukan Analisa persentase.
6. Atur anggaran iklan Tokopedia berdasarkan evaluasi anda.

Langkah-langkah buat Iklan Tokopedia Secara Manual

1. Buat lalu login ke akun Tokopedia seller. Unduh aplikasi seller Tokopedia di playstore atau gunakan desktop kunjungi seller.tokopedia.com . Selanjutnya Langkah-langkah berikut menggunakan hape di aplikasi Tokopedia seller.
2. Pilih Menu Iklan dan Promosi
3. Pilih TopAds
4. Klik Iklan Baru, lalu pilih iklan produk
5. Setelah itu, akan muncul 2 opsi : 1. Iklan Otomatis & 2. Iklan Manual
    Pilih yang manual, terdapat keunggulan menggunakan yang manual yaitu:

    - Target market Iklan Tokopedia  bisa anda tentukan berdasarkan keyword (kata kunci). Keyword itu apa? Pelajari selengkapnya.
    - Efektifitas iklan Tokopedia yang anda buat bisa terukur.

6. Buat Group Iklan Anda.
Group Iklan ini untuk membuat produk sejenis anda menjadi satu group iklan Tokopedia. Mesti anda ingat untuk jangan buat group iklan dengan produk yang tidak sejenis. 

Misalkan : tas dan skincare anda satukan di group yang sama. JANGAN!

Yang benar Misalkan : anda punya produk, tas selempang cowok, tas selempang cewek, tas selempang anak-anak dan tas laptop. Maka buatlah 2 Group Iklan :

- Group 1 Tas selempangan
- Group 2 Tas Laptop

7. Kemudian anda diminta buat kata kunci. Buatlah kata kunci sesuai produk anda, yang ingin dipasarkan, buatlah setikanya 1-2 kata kunci. Selanjutnya anda akan ditampilkan kata kunci – kata kunci yang relevan.

Ingat Tips Ini 
a. Pilih lah kata kunci anda yang relevansi nya sangat dekat dengan produk yang anda jual
b. Pilih lah tingkatan pesaing yang rendah
c. Pilihlah beberapa kata kunci yang relevan yang bisa masuk pada produk yang anda jual. Ingat iklan Tokopedia yang buat itu untuk memasarkan produk anda-> klik iklan Tokopedia anda -> lihat produk anda -> kemudian beli produk yang anda jual.

8. Setalah selesai buat kata kunci. Klik tombol kata kunci yang tampil di aplikasi hape seller Tokopedia anda.
Kemudian anda lakukan penyesuaian bid iklan per klik untuk iklan Tokopedia anda dan tentukan jenisnya. Muncul pilihan spesifik atau luas. Saran, untuk anda pemula pilih bidnya yang kecil dan luas. contoh Biaya per klik Rp100-Rp300 dan Pencarian Luas.

9. Kemudian selesai lah membuat group iklan produk. Lalu anda masuk ke beranda TopAds Iklan Produk Anda.

Catatan : Cara Manual Ini anda juga bisa menambahkan lagi kata kunci untuk iklan tokopedia anda, pilih kata kunci yang relevan dan jangan kata kunci yang pencarian luas. Dan bacalah Tips sebelumnya di atas dan jangan lupa evaluasi Iklan Tokopedia yang anda buat.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Buat Iklan Produk di Tokopedia

1. Tidak Mengetahui dan Memahami syarat dan ketentuan beriklan di Tokopedia
2. Tidak dapat menentukan target Iklan Produk, dengan instan menggunakan iklan otomatis
3. Tidak Tahu cara menentukan Kata Kunci yang tepat untuk Iklan Produk Jualannya
4. Salah dalam hal membuat group iklan, group Iklan dibuat dengan beraneka ragam jenis produk jualan.
5. Terlalu cepat untuk mengambil keputusan saat evaluasi Iklan Produk dilakukan di 1-2 hari berikutnya setelah iklan Tokopedia tayang atas iklan produk yang dijual.
6. Tidak melakukan evaluasi iklan produk yang dijual pada dashboard TopAds.
7. Membuat Judul Produk yang dijual kurang menarik dan tidak sesuai kata kunci iklan yang dibuat. Setidaknya buat judul produk jualan yang relevan dan tidak melebihi 70 Karakter di judul produk.

Baca JugaApa itu Keyword Research? Lalu Bagaimana Riset Keyword Untuk Optimalkan SEO ON PAGE?

Inilah berhasilklik.com bisa bagikan tentang Tips Buat Iklan Tokopedia Ternyata Mudah Tanpa Takut Rugi. Semoga dengan tips pada isi halaman ini bisa memberikan anda pencerahan untuk membuat Iklan Tokopedia bagi Iklan Produk yang anda ingin jual dan semoga penjualan dari iklan tokopedia produk anda meningkat.

Posting Komentar untuk "Buat Iklan Tokopedia Ternyata Mudah Tanpa Takut Rugi - Begini Caranya"