Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ide Terbaik Menulis Isi Blog, Terkadang Blogger Perhatikan

 Apa itu Blog ?

Blog adalah situs sekala kecil yang menggunakan sebuah platform cms. Platform cms bisa dari blogspot, wordpress dan lainnya. Blog awal mulanya digunakan untuk menyampaikan informasi dari para pemilik blog untuk urusan pribadi dan Pendidikan atau sekolah. Namun saat ini blog sudah banyak gunakan untuk kepentingan publishing iklan, komersil, bahkan ke bisnis produksi.

Blog sering digunakan para publisher atau blogger karena penggunaannya lebih mudah dibandingkan membuat website sendiri yang harus mengurus hosting, domain,database website dan lainnya. Blog juga user-friendly ketika digunakan.

Terkait kemudahan menggunakan Blog, mendatangkan banyak pengguna blog saat ini. Sehingga banyak blog dan blogger bersaing untuk hasil peringkat yang baik. Olehnya itu ketika blog hanya menyajikan blog  yang apa adanya dan tidak berkualitas maka blognya tidak mendapatkan peringkat maupun mendapatkan peringkat yang rendah. Baca Selengkapnya.

Sehingga dibutuhkan Menulis Isi Blog yang berkualitas dan berorentasi pada pengguna dan biar pengunjung merasa nyaman dan terbantu dengan blog yang ditampilkan mesin pencari. Makanya pembahasan saat ini akan menyampaikan 7 Ide Terbaik Menulis Isi Blog, Terkadang Blogger Perhatikan.

Apa tujuan Blog?

Sebelum membahas tentang Ide Terbaik Menulis Blog, sebaiknya kita bahas dulu mengenai tujuan blog. Tujuan blog bisa berbagai macam hal tergantung pada konteks pemilik blog mengarahkan blog nya pada bidang dan pembahasan seputar apa. Perlu diingat bahwa tujuan blog itu harus jelas dan tidak melebar dan tidak fokus pada satu bidang. 

ide terbaik menulis blog
Gambar oleh Degrees dari Pixabay

Misalkan ketika seorang pembuat blog tutorial, diharuskan blognya itu berisi konten-konten tutorial dan template dan use-case juga tutorial. Menjadi tidak relevan ketika membuat blog tutorial lantas kebanyakan isi konten tulisan blognya, kebanyakan membahas seputar berita atau hal-hal diluar dari tutorial.

Jadi tujuan blog mestin diingat dan diperhatikan juga, sebelum membuat blog. Tentukan arah dan tujuan blog yang anda buat dulu, lalu fokus dan optimalkan blog yang anda tulis. Sehingga blog bisa menjadi baik buat pengguna dan mudah mendapatkan peringkat yang baik untuk penelusuran.

7 Ide Terbaik Menulis Isi Blog

Ketika anda sudah membaca apa itu blog, memahami dan menentukan tujuan blog, Selanjutnya mari kita bahas mengenai 7 Ide terbaik menulis Isi blog. 

1. Jual Barang (Market Place)

Ide Jual Barang (Market Place) di Blog. Masih banyak mengira bahwa sebuah blog tidak bisa dijadikan tempat jual barang, Oh itu salah. Justru  tempat jual barang online sangat bisa dilakukan di blog. Tetapi, layout dan tampilan blog yang dibuat mesti relevan untuk jualan. Ide terbaik ini sangat bisa dibuat, namun  memiliki kerumitan yang cukup sebagai seorang blogger. Pada Saat anda ingin menerapkan Ide Terbaik Isi Blog anda berkaitan dengan toko online / market place ini, disarankan menggunakan deskripsi produk yang cukup detail, cara pemesananannya, tingkat penjualannya, kualitas produk yang dijual dan terakhir buatkan ulasan tentang produk baik yang sudah memesan di Blog anda maupun ulasan produk dari pengunjung blog anda. Menarik? Pelajari selengkapnya.

2. Forum Diskusi Q&A

Forum diskusi yang berpola tanya jawab, menjadi salah satu pilihan ide terbaik anda dalam menulis sebuah blog. Ide ini terbilang sangat baik digunakan karena dapat berguna untuk banyak orang, interaktif dan bisa membuat kualitas blog kita meningkat. 

Dalam pembuatan forum diskusi di blog ini upayakan mengambil semua tema pembahasan yang sering dicari dan dibutuhkan, seperti ilmu komputer, ilmu blogging, penerapatan optimasi seo, kesehatan dan Ilmu Pendidikan. Forum diskusi ini terkadang menjadi perhatian blogger atau pengguna lainnya untuk berinterakasi lebih intensif. 

Ketika anda memikirkan forum diskusi ini sebagai ide blog anda, upayakan sediakan sebanyak-banyaknya bahan untuk didiskusian dan jawaban yang akan timbul dari pengguna lainnya dari blog diskusi forum anda. Pelajari selengkapnya.

3. Tutorial

Tutorial bisa menjadi ide terbaik untuk anda dalam menulis isi blog. Tutorial adalah bahan pembahasan yang tahan lama. Kenapa ? Maksudnya? Sebab tutorial adalah pembahasan berisi kebutuhan bisa siapa saja dan kapan saja dan berlaku dimanapun sehingga cakupannya luas.

Ide Tutorial sebagai fokus pembahasan blog menjadi suatu inventasi jangka Panjang asalkan isi tutorialnya bisa diterapkan dan memiliki  jangka waktu penerapan yang lama. Misalnya, tutorial install windows komputer dan tutorial membuat sebuah blog.

Saran ketika anda, ingin membuat Ide Tutorial sebagai menulis isi blog anda, upayakan tutorialnya itu masih bisa diterapkan lalu tutorialnya itu bisa dengan mudah untuk dipahami oleh pengguna blog anda. Pelajari selengkapnya. 

4. Travelling

Ide Travelling juga merupakan ide terbaik dalam menulis blog. Jika anda yang menjadikan travelling sebagai hobi anda, ide ini cukup baik dan menyenangkan. Karena dengan begitu anda bisa menceritakan setiap pengalaman travelling anda di blog. Sehingga pengalaman dan kenangan anda juga bisa ada dokumentasi melalui sebuah cerita melalui sebuah tulisan.

Selain pengalaman anda selain travelling, anda juga bisa menceritkan sebuah penilaian anda terhadap objek wisata yang anda kunjungi, makanan, kerajinan warga lokal, dan rekomendasi anda untuk travelling lainnya. Selain itu, Ide Travelling sebagai ide akan isi blog anda cukup menjanjikan karena iklan google juga sering menampilkan objek wisata di iklannya, Promo hotel dan tiket pesawat. 

5. Bisnis Akun Online

Bisnis akun online menjadi ide terbaik menulis isi blog selanjutnya. Ide ini masih kurang untuk menerapkannya. Padahal ide ini termasuk ide cerdas yang terbaik jika anda ingin menjual atau mempromisikan akun premium yang anda miliki. Misalkan ada ingin promisi akun facebook, akun canva, akun youtube, lisensi, template, lisensi dan lainnya. Contoh penerapan ide ini, adalah blog-blog yang menjual template blog premium di blognya. Namun, ide ini terbilang cukup rumit, karena pesaing akan banyak, jadi ketika berfikir dan memilih ide ini sebagai isi blog anda. Sebaiknya anda sudah paham mengenai seo setidaknya dasar-dasarnya. Pelajari selangkapnya.

6. Tugas Sekolah (Pendidikan)

Ide menulis blog untuk tugas sekolah, kuliah dan untuk kebutuhan ilmu Pendidikan juga menjadi Ide terbaik untuk menulis Isi blog. Anda akan dipacu untuk membagikan untuk memberikan pengetahun dan ilmu Pendidikan yang baik. Misalkan anda akan menulis tentang biologi seperti proses fotosintesis atau proses reproduksi pada hewan.

Jika anda sebagai tenaga pengajar,guru,dosen ide ini sangat cocok buat anda untuk dijadikan ide terbaik menulis isi blog. Anda bisa jadikan blog anda sebagai sarana anda menyampaikan materi pelajaran untuk murid atau mahasiswa anda.

Blog bisa anda jadikan sebagai tempat penjelasan akan materi pembelajaran anda, pengumpulan tugas dan berbagi bahan materi pembelajaran juga bisa.

7. Hobi (Blog Pribadi)

Ide terakhir yang anda bisa pilih adalah ide Hobi atau buat isi blog anda untuk tulisan pribadi anda. Ide ini terbaik menulis isi blog anda dan cocok buat para blogger yang malas mencari ide khusus. Ide blog ini biasanya akan dijadikan blog yang isinya tidak fokus pada satu pembahasan. Sehingga ide ini selalu membuat blogger membuat isi blog nya campur-campur.

Ide hobi ini memang sangat unik, karena bisa menyesuaikan dengan suasana atau hobi penulis blog. Jika anda yang tidak dapat fokus pada satu topik pembahasan, Ide Hobi ini bisa menjadi terbaik untuk anda dalam menulis blog.

Rangkuman Akhir

Terkait 7 Ide Terbaik Menulis Isi Blog, Terkadang Blogger Perhatikan adalah tentukan ide blog anda sesuai keinginan dan habit anda, sehingga anda akan enjoy dalam menulis isi blog. Sehingga Ide-ide terbaik itu bisa muncul dari diri anda dan and dapat tuangkan dalam tulisan isi blog anda. 

Dan ketika anda sudah menemukan hal tersebut, anda hanya perlu konsisten dan menikmati dalam menulis isi blog. Dan Blog anda nantinya akan bisa bermanfaat untuk pengguna dan pengunjung blog anda. 

Posting Komentar untuk "7 Ide Terbaik Menulis Isi Blog, Terkadang Blogger Perhatikan"