Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Backlink Berkualitas, Begini Langkahnya

Cara Membuat Backlink Berkualitas


Setelah mengcreate blog, mempercantik tampilannya, memposting artikel dan melakukan optimasi on atau off page, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan seorang blogger adalah menguasai cara membuat backlink berkualitas. 

Sebelum lebih jauh, mari berkenalan dengan backlink. Backlink adalah salah satu hal yang penting ketika kamu ingin terjun ke dunia blogger dan mulai menghasilkan pundi-pundi rupiah dari sana. 

Secara sederhana, backlink adalah tautan atau link dari sebuah website yang mengarahkan ke website lainnya. 

Backlink ini bisa diibaratkan seperti sebuah referensi. Jadi, semakin banyak web atau blog yang mereferensikan web kita atau memberikan backlink ke moneysite kita, maka potensi peringkat website kita naik di mesin pencari Google akan bertambah.

Kegunaan dan Manfaat Backlink

Ibaratkan makanan, maka backlink ini adalah nutrisi yang cukup penting bagi sebuah blog. Jadi biar blognya bertumbuh dengan sehat, maka rajin-rajinlah memberi backlink.

BACA JUGA: Penting kah SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE untuk situs web anda?

Backlink ini menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan oleh mesin pencari dalam menentukan peringkat website. 

Tak hanya itu, backlink juga bisa membantu meningkatkan traffic website Anda. Semakin banyak backlink, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pengunjung baru. 

Mengenal Jenis-jenis Backlink

Ada beberapa jenis backlink, berikut di antaranya:

1. Backlink Dofollow

Ini backlink idaman semua blogger. Backlink Dofollow bisa dibilang sebagai link yang cukup penting untuk web kamu, karena ia bisa memberikan efek “positif” pada peringkat situs dan bahkan membantu meningkatkan posisi di mesin pencarian Google.  

Konsep backlink dofollow secara sederhana yakni memberikan informasi kepada mesin pencari untuk memberikan authoritynya yang berimbas pada peningkatan skor seo.

Hal ini karena backlink dofollow memberikan izin kepada mesin pencari untuk mengikuti tautan tersebut dan memberikan peringkat untuk website yang menerima backlinknya.

2. Backlink Nofollow

Nofollow ini kebalikan dari dofollow. Atribut rel="nofollow" pada backlink membuat mesin pencari tidak mengikuti tautan tersebut. 

3. Internal Link 

Internal link sesuai dengan namanya adalah sebuah backlink yang saling menghubungkan antar satu post atau laman di web yang sama.

Internal link bagus untuk menunjang struktur website yang baik. Selain itu internal link juga bisa memudahkan pembaca untuk memahami isi web dan melakukan navigasi dengan mudah.

4. Eksternal Backlink

Eksternal Backlink ini menghubungkan website kamu dengan web ekternal lainnya. 

Backlink ini penting untuk meningkatkan reputasi dan otoritas web kamu di mata Mbah Google.  Namun, pastikan backlink eksternal yang ada berasal atau menuju dari website yang berkualitas dan relevan dengan niche website kamu.

5. Natural Backlink

Link ini adalah jenis backlink yang diperoleh secara organik dan alami. Misalnya dari website lain yang merasa sudah mendapatkan informasi berharga dan kemudian mencatumkan backlink ke web kita.

Backlink natural sangat dihargai oleh mesin pencari dan pengunjung, karena diperoleh berdasarkan konten website kita yang berkualitas dan relevan.

6. Backlink Buatan

Nah backlink ini sesuai namanya sengaja dibuat dan disebarkan ke website lain dengan berbagai cara, seperti memasukkan backlink di komentar atau mengirim email kepada pemilik website lain untuk meminta backlink.

Perhatikan, backlink ini kadang dianggap sebagai spam dan dapat merugikan reputasi website Anda jika dilakukan secara berlebihan.

Cara Membuat Backlink 

Berikut beberapa cara sederhana untuk membuat backlink. Simak:

• Cara Membuat Backlink yang Pertama; Guest Posting 

Ini cara yang sederhana dan gampang untuk dieksekusi yakni dengan menulis artikel di website lain kemudian menyisipkan link atau backlink yang mengarah ke situs kita.

• Forum 

Forum diskusi bisa menjadi salah satu domain untuk membuat backlink. Cukup dengan bergabung di forum-forum diskusi dan memasukkan backlink ke website Anda di dalam signature atau di dalam postingan. 

• Blog Commenting 

Rajin-rajinlah blog walking dan berkomentar di web yang kita kunjungi. Jika diperbolehkan oleh si empunya web, tinggalkanlah backlink di sana via komentar kita.

• Sosial Media 

Sosial media menjadi salah satu platform mudah nan murah untuk menyimpan dan membagikan backlink website kita.

Buat konten menarik dan sisipkan backlink di sana. Simple kan ya?

Nah meskipun cara di atas begitu mudah, namun dalam pelaksanaannya perlu memperhatikan hal berikut. Yakni soal relevansi dan pembuatan backlink yang natural. 

Relevansi berkaitan dengan kesesuaian niche atau topik web kita dengan target backlink. Jangan sampai beda bahasan atau malah topiknya tidak berkaitan satu sama lain.   

Selain itu buatlah secara berkala jika akan membuat banyak link tautan. Jangan sekaligus. Karena itu mencurigakan dan bisa saja dianggap sebagai spam. 

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Membuat Backlink Berkualitas. Semoga bermanfaat. Jika tertarik membuat Backlink untuk web kamu, silakan klik di sini. []

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Backlink Berkualitas, Begini Langkahnya"