Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki WiFi Menolak Akses, Ikuti Langkah Berikut Ini

Cara Memperbaiki WiFi Menolak Akses


Saat ini, WiFi bagaikan kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Dibandingkan dengan paket data, penggunaan WiFi dianggap lebih hemat jika ditinjau dari pengeluaran bulanan untuk koneksi internetnya.

Stabilitas internet pun dinilai lebih mempuni, serta bandwidth-nya bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna. Walaupun begitu, terkadang WiFi juga mengalami masalah, seperti tidak dapat terhubung dengan perangkat karena penolakan akses.

Namun, anda tak perlu khawatir! Artikel ini membantu anda menemukan cara memperbaiki WiFi menolak akses. Berikut telah kami rangkum informasi dari berbagai sumber.

Cara Memperbaiki WiFi Menolak Akses

1. Meninjau Ulang Penyebab WiFi Menolak Akses

Sebelum ke cara memperbaiki WiFi menolak akses lebih lanjut, anda harus meninjau penyebabnya. Sebab, dengan begitu anda akan tahu langkah terbaik apa yang mesti dilakukan.

2. Restart Router/Modem

Cara memperbaiki WiFi menolak akses yang selanjutnya adalah dengan melakukan restart pada router/modem. 

Langkahnya adalah matikan perangkat router. Biarkan dan tunggu beberapa menit, lalu hidupkan kembali perangkat. 

Langkah ini dinilai cukup manjur dalam memperbaiki WiFi menolak akses di android serta perangkat elektronik lainnya seperti, PC, komputer, notebook, dan sebagainya.

3. Restart Perangkat yang Terhubung

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan restart perangkat yang terhubung, baik itu android atau komputer. Permasalahan utama pada WiFi menolak akses ini mungkin dapat diatasi dengan langkah yang sederhana.

Alasannya karena pada saat perangkat elektronik seperti android dihidupkan kembali, beberapa error pada sistem dapat kembali normal.

4. Mengubah Alamat IP 

Cara memperbaiki WiFi menolak akses yang selanjutnya, yaitu mengganti alamat ip pada jaringan WiFi pada pengaturan android. 

Cara ini terbilang cukup mudah dalam mengatasi masalah tersebut, Hal itu bisa disebabkan karena perangkat android anda mempunyai alamat ip yang sama, dengan perangkat android lain yang telah terhubung pada jaringan WiFi tersebut.

Langkah-langkah untuk mengganti alamat ipnya, anda harus mengakses pengaturan android pada bagian WIFI > Preferensi WI-FI > Klik Alamat IP.

Kemudian, pada menu tersebut tinggal diganti dengan alamat ip lainnya, seperti contoh ip saat ini 192.168.1.22 dengan begitu, anda dapat mengubahnya ke192.168.1.16. 

Nah jika sudah melakukan Langkah-langkah di atas, koneksi wifi yang sebelumnya sulit terhubung atau menolak akses, bisa kembali terhubung dengan normal. 

Perlu diketahui juga bahwa cara ini juga dapat berbeda pada masing masing smartphone.

5. Mengakses Ulang Kata Sandi WiFi

Cara memperbaiki wifi menolak akses, ialah dengan memasukkan ulang kata sandi pada WiFi. Terkadang saat kita menulis password seringkali mengalami kesalahan dalam mengetik. 

Masalah seperti ini mungkin terlihat sepele ini, namun tetap perlu diperhatikan. Sebab, hal ini dapat membuat anda merasa kesulitan pada saat menghubungkan perangkat pada jaringan WiFi. Perhatikan lebih seksama, dan tulis ulang kata sandi WiFi sesuai dengan yang ada pada pengaturan router/modem anda.

6. Hapus Cache 

Cara memperbaiki wifi menolak akses, bisa dengan menghapus cache jaringan yang tersimpan pada perangkat. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan membuka pengaturan wifi pada perangkat android anda, kemudian mulai melupakan beberapa jaringan wifi yang tersimpan pada perangkat anda sebelumnya.

7. Reset Ulang 

Reset ulang perangkat anda, jika dirasa itu lebih baik dilakukan agar WiFi dapat segera diakses. Namun perlu di ingat, cara ini hanya dapat dilakukan ketika cara-cara diatas tak membuahkan hasil yang baik.

8. Berkonsultasi dengan Customer Service

Jika ragu untuk melakukan cara-cara diatas, anda dapat berkunsultasi dengan menghubungi customer service. Hubungi layanan pelanggan dengan menjabarkan keluhan yang terjadi pada WiFi anda. Mereka akan memberi solusi yang tepat dan dapat meninjau lokasi anda. []

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki WiFi Menolak Akses, Ikuti Langkah Berikut Ini"