Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anti Ribet, Begini Cara Memperbaiki Laptop Lemot

Cara Memperbaiki Laptop Lemot


Cara Memperbaiki Laptop Lemot—Bagi sebagian orang, laptop merupakan penunjang utama produktifitas sehari-hari. Baik untuk belajar maupun bekerja.

Laptop adalah sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk mengolah data, menyaring informasi, dan berbagai kegiatan yang bisanya dikerjakan di komputer.

Walau memiliki fungsi yang sama dengan komputer, ternyata laptop lebih memudahkan pengguna ketika di pakai loh! Hal tersebut dikarenakan laptop sangat fleksibel, lebih ringan dari komputer, mudah dibawa ke mana–mana dan pastinya menggunakan baterai sebagai sumber daya. 

Baca juga:
Review Acer Swift 14 

Tapi seperjalanan pemakaian, laptop dapat mengalami lemot dan kerusakan lainnya. 

Lemot mungkin saja merupakan bagian dari kerusakan pada perangkat, yang sifatnya cukup ringan. Namun, jika lemot pada laptop dapat mengurangi performa kamu dalam mengerjakan sesuatu di laptop, maka jangan terlalu lama dibiarkan.

Kenapa Laptop Bisa Lemot?

Sebelum melakukan cara memperbaiki laptop lemot, ketahui dulu yuk alasan laptop kamu bisa lemot.

1. Penyimpanan internal penuh

2. Terlalu banyak menginstal aplikasi tidak penting

3. RAM pada laptop tidak memadai

4. Banyak menggunakan aplikasi yang memiliki ukuran dan kapasitas yang besar

5. Masih menggunakan HDD

6. Laptop terkena virus.

Cara Memperbaiki Laptop Lemot

Apabila alasan–alasan diatas mengakibatkan performa laptop berkurang atau bahkan lemot, maka perlu cara memperbaiki laptop lemot. Berikut ini informasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

- Cari Tahu Penyebab Laptop Lemot

Cara memperbaiki laptop lemot, yang perlu kamu lakukan diawal adalah mencari tahu penyebabnya. Kamu bisa mencari tahu penyebab laptop lemot dengan melakukan riset, baik di internet maupun menganalisis performa laptop yang kamu rasakan.

- Membuang Aplikasi yang Sudah Tak Digunakan Lagi

Setelah melakukan pengamatan pada laptopmu, yang mana diakibatkan penyimpanan penuh. Maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan, adalah dengan un – instal aplikasi yang sekiranya sudah tak digunakan. 

Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi beban memori, yang tersimpan pada penyimpanan internalmu. Sehingga lemot pada laptop kamu bisa berkurang.

- Menggunakan Antivirus

Antivirus yang dianjurkan untuk digunakan, ialah antivirus yang sifatnya ringan. Hal itu bertujuan agar tak membuat kinerja pada laptop lebih berat.

- Menambah RAM

Cara memperbaiki laptop lemot yang bisa kamu lakukan, ialah dengan menambah RAM pada laptop kamu. Cara ini cukup banyak orang lakukan.

Sebab dengan menambah RAM, kamu tak perlu repot lagi untuk membersihkan atau menghapus file. 

- Menggunakan Memori SSD

Seiring berjalannya waktu, perubahan teknologi kian menyeluruh. Sekarang semakin banyak kualifikasi laptop yang mengusung SSD (Solid State Drive), daripada HDD (Hard Disk Drive). Hal itu terjadi karena penggunaan SSD diakui lebih cepat ketika memproses sebuah data dibandingkan dengan HDD.

- Membersihkan Cache

Membersihkan cache, harus kamu lakukan secara teratur. Hal itu bertujuan, agar performa laptop kamu dapat perlahan pulih menjadi lebih baik.

Cara memperbaiki laptop lemot ini, menjadi cara paling simple. Sebab, kamu hanya perlu pergi ke file manager untuk kemudian klik kanan pada gambar di Harddisk Anda (seperti Drive C atau D).

- Tidak Menyimpan Media yang Memiliki Ukuran Besar

File, aplikasi, maupun media lain yang ukurannya besar dapat membuat kinerja laptop kmau berkurang. Hal itu bisa diakibatkan oleh penyimpanan internal yang sudah penuh, sehingga laptop kamu jadi lemot

Maka dari itu, cara memperbaiki laptop lemot dilakukan dengan tidak menyimpan media yang ukurannya besar, supaya tidak memenuhi penyimpanan internal. []



Posting Komentar untuk "Anti Ribet, Begini Cara Memperbaiki Laptop Lemot"