Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Praktis, Ini 9 Cara Memperbaiki Jaringan E ke 4G

9 Cara Memperbaiki Jaringan E ke 4G


Jaringan 4G merupakan teknologi jaringan seluler generasi keempat yang dapat memberi akses internet lebih cepat dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. 4G mengadopsi teknologi LTE atau Long-Term Evolution dengan fitur kecepatan download maksimal hingga 1 Gbps. 

Dengan kecepatan jaringan yang mempuni, melalui 4G, anda dapat mengakses layanan internet dengan lebih maksimal.

Akan tetapi, terkadang di beberapa waktu jaringan bisa berubah-ubah sesuai dengan keadaan. 

Baca juga:
Harga dan Spesifikasi Realme 11 Pro 5G 

Masalah jaringan menjadi E, tentunya dapat mengganggu aktivitas dan kelancaran anda ketika sedang menggunakan internet.

Kini anda tak perlu khawatir lagi, artikel ini memberikan ringkasan mengenai cara memperbaiki jaringan E ke 4G. Lebih lanjutnya, simak penjelasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Jaringan E ke 4G

1. Cek Jaringan Operator

Cara memperbaiki jaringan E ke 4G yang pertama ialah dengan memeriksa jaringan operator anda. Pastikan jaringan operator telah terdaftar dan mendukung jaringan 4G. 

Setelah itu, periksa kembali apakah terdapat gangguan atau tidak. Jika sudah, anda dapat menghubungi layanan pelanggan untuk mendapat informasi lebih lengkap terkait jaringan operator yang anda gunakan.

2. Terapkan Mode Pesawat

Melalui mode pesawat yang anda nyalakan, ini dapat menjadi cara memperbaiki jaringan E ke 4G dengan sederhana. Anda cukup menyalakan mode pesawat yang terdapat pada ponsel selama beberapa detik. 

3. Mulai Ulang Ponsel

Opsi lain yang bisa anda lakukan sebagai cara memperbaiki jaringan E ke 4G, ialah dengan mulai ulang atau restart ponsel anda. Cara ini juga sangat singkat sehingga anda tak perlu menunggunya terlalu lama untuk memuat jaringa.

4. Upgrade Sistem Pada Ponsel

Upgrade merupakan peningkatan sistem pada ponsel yang lebih tinggi dan baru. Upgrade pada ponsel disini mencakup pembaruan jaringan, dan sistem lain yang dapat meningkatkan performa pada ponsel itu sendiri.

5. Pastikan Area Jaringan yang Digunakan 

Periksa kembali area yang anda gunakan ketika mengakses jaringan internet. Seringkali, performa jaringan di berbagai area mengalami perubahan. Apabila di area yang anda gunakan untuk mengakses jaringan internet dirasa mengalami kendala bahkan hingga E, maka anda dapat berpindah ke area lain.

6. Periksa APN

Access point name atau APN merupakan sebuah pengaturan yang digunakan untuk jaringan selular yang dapat menghubungkan suatu perangkat kepada internet. Anda dapat memeriksa APN apakah sudah sesuai dan benar dengan operator yang terdapat pada ponsel yang digunakan. 

7. Lakukan Panggilan Dial

Cara memperbaiki jaringan E ke 4G, bisa anda lakukan melalui panggilan dial. Terdapat tiga kode yang bisa anda akses, yaitu: *#*#4636#*#* atau ##626* atau ##786#. Berikut ini langkhah-langkahnya:

- Buka menu telepon

- Ketik salah satu kode di atas lalu tekan ‘OK’ atau ikon panggil.

- Klik Informasi telepon pada menu yang tertera.

- Pilih salah satu slot SIM yang ingin diubah jaringannya.

- Tekan opsi ‘Tetapkan Jenis Jaringan yang disukai’.

- Ubah jaringan E menjadi 4G LTE.

- Tunggu hingga jaringan 4G muncul otomatis pada ponsela anda.

8. Mengganti Kartu SIM

Mengganti kartu SIM menjadi opsi terakhir yang bisa anda pilih jika cara-cara diatas tak dapat memperbaiki jaringan E ke 4G. Terkadang, kartu SIM yang telah lama digunakan bisa menyebabkan jaringan seluler mengalami hambatan.

9. Menghubungi Layanan Operator Jaringan

Menghubungi layanan operator jaringan yang anda gunakan, menjadi pilihan terakhir sebagai cara memperbaiki jaringan E ke 4G. Dengan menghubungi call center, anda akan mendapatkan perbaikan jaringan sesuai dengan penyebab utama gangguan pada sinyal jaringan. 

Nah bagaimana? Apakah sudah dicoba cara memperbaiki jaringan E ke 4G di atas? Pastinya Berhasil Klik kan? Semoga bermanfaat. []




Posting Komentar untuk "Praktis, Ini 9 Cara Memperbaiki Jaringan E ke 4G"