Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Cara Instal Ulang Laptop yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Ini Cara Instal Ulang Laptop yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri - BerhasilKlik


Instal ulang laptop memang diperlukan agar dapat mengembalikan performanya seperti baru, apalagi jika sitemnya sudah mengalami error sehingga sangat di perlukan untuk mengunduh ulang laprop. Selain itu, hal tersebut dapat menjadi langkah pertama untuk menangani laptop yang tengah terkena virus atau malware. 

Cara menginstal ulang laptop sebenarnya cukup mudah dilakukan, sehingga kamu tak perlu meminta bantuan orang lain.

Namun, sebelum ke cara menginstal ulang laptop, kamu harus mempersiapkan beberapa hal yang tak kalah penting. Hal ini bertujuan untuk memudahkanmu ketika mengunduh ulang laptop.

Persiapan Sebelum Instal Ulang Laptop

- Backup Semua File Penting

Pasti ada kemungkinan semua file akan terhapus ketika sedang memproses pengunduhan ulang pada laptop. Untuk mencegah file penting terhapus, kamu harus back up file yang ada di laptopmu.

Sebagai pilihan termudah, kamu bisa simpan kembali dokumen dari file yang dirasa penting. Kamu bisa memakai USB flash drive atau harddisk eksternal. Langkah lain yang bisa kamu pilih ialah dengan menggunakan media penyimpanan cloud. Upload semua file yang ingin disimpan ke media penyimpanan cloud, lalu download ke laptop setelah instal ulang selesai. Contoh media penyimpanan cloud yakni Google Drive.

- Simpan Serial Number

Program yang sudah di-unduh pada laptop pasti akan mempunyai serial number. Tak terkecuali dengan program berbayar. Kamu mungkin tidak harus melakukan backup file programnya, tapi serial number ini lebih penting. 

Beberapa program bisa di-download installer-nya tapi jika tanpa serial number, program tidak akan bisa diakses. Agar serial number laptop sobat aman, catat nomernya manual atau gunakan tool misalnya seperti Belarc Advisor. Tool ini akan melakukan scan untuk semua program yang kamu gunakan di laptop dan mendaftarkan semua serial numbernya. Program ini free alias gratis. Jadi kamu tinggal download, instal dan gunakan.

- Siapkan Driver

Driver sangatlah dibutuhkan agar hardware laptop dapat berjalan dengan baik. Walaupun ini tak terlalu diperlukan pada Windows 10, karena sudah dilengkapi fitur otomatis untuk mendeteksi hardware dan menginstal drivernya. Tapi disamping itu driver harus dimiliki, jika kamu tidak mempunyai Windows 10 atau akses internet yang memadai.

Cara Instal Ulang Laptop

Setelah mempersiapkan ketiga hal tadi, kamu bisa memilih cara instal ulang laptop pada artikel ini. Terdapat dua cara instal ulang laptop yang bisa kamu lakukan. Lebih jelasnya kamu bisa pelajari selengkapnya dibawah ini.

1. Cara Instal Ulang Laptop dengan Reset ke New State

Cara install ulang laptop dengan reset ke new state, kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

- Ketuk menu “Start” dan klik ikon roda gigi. 

- Lalu masuk ke menu “Setting”.

- Kemudian pilih “Update & Security”.

- Ketuk bagian “Recovery”

- Setelah diklik, muncul notifikasi yang bisa dipilih yakni “Reset this PC” dan “Advance start-up”

- Pilh “Reset this PC” dan klik tombol “Get started” 

- Kemudian akan muncul jendela pilihan untuk melakukan reset total dengan menghapus semua file kecuali Windows atau dengan mengamankan file personal. Sebagai pilihan kedua, file yang terhapus adalah program, aplikasi dan file–file yang berhubungan dengan itu. Jadi dokumen, foto dan video pribadi kamu akan tetap aman.

- Klik sesuai keinginan instal ulang kamu. Instruksi dari Windows akan muncul dan kamu tinggal ikuti hal tersebut.

- Pada umumnya reset ke “New State” akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari ukuran file yang mesti dibersihkan. 

- Jika cara instal ulang laptop dengan reset ke new state sudah selesai, maka keadaan laptop akan kembali seperti baru pertama kali menyalakannya.

2. Cara Instal Ulang Laptop dengan Format Manual

Cara install ulang laptop juga bisa dilakukan dengan format manual. Tak hanya digunakan oleh OS selain Windows 10, langkah ini kemungkinan bisa menyebabkan file yang terinfeksi malware dan virus bisa ikut terhapus. Menyimpan atau menyisakan file tertentu hanya akan membuat penyebaran malware berulang.

- Restart laptop. Di tengah proses boot-up, klik Esc, F1, F2, F8, atau F10. Namun, perlu kamu ketahui, tombol seperti ini berbeda-beda tergantung dari jenis laptop kamu.

- Ketuk pada bagian “Bios setup”.

- Lalu masuklah ke menu “Boot tab”.

- Buat highlight boot yang ada pada pilihan CD-Drive

- Simpan dan keluar.

- Sekarang proses boot akan membaca CD DBAN dan bisa digunakan untuk menghapus file di laptop. Untuk langkahnya adalah sebagai berikut

- Klik enter untuk membuka DBAN

- Saat menu DBAN muncul, klik [J] dan [K] untuk memilih drive yang ingin kamu hapus.

- Pilih driver dengan menekan Spacebar pada keyboard

- Tekan F10 untuk memulai proses menghapus.

- Saat proses berjalan, kamu tidak bisa langsung menghentikannya. Ketika proses berjalan jangan lupa untuk mencharge laptop agar tidak kehabisan baterai.

- Setelah proses selesai, laptop kamu sekarang bersih atau kosong. Nah setelah selesai, lakukan instal ulang laptop melalui file Windows yang telah disiapkan sebelumnya. Untuk caranya ikuti langkah berikut

- Masukan CD Windows yang sudah disiapkan sebelumnya.

- Laptop akan mendeteksi CD ini dan menjalankan boot up untuk CD tersebut.

- Ikuti instruksi langkah–langkah instal Windows yang akan muncul.

- Langkah terakhir sebelum menginstal ulang, biasanya akan diminta untuk memasukan serial number untuk Windows sobat. Input serial number dan proses instalasi ulang akan berjalan.

- Tunggu beberapa saat hingga proses instal selesai dan laptop sudah bisa kamu gunakan, tentunya dengan performa seperti baru.

Demikianlah penjelasan mengenai cara instal ulang laptop. Gimana cukup mudah bukan Instal Ulang Laptopnya? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Dapatkan artikel informatif dan menarik lainnya hanya di BerhasilKlik. []




Posting Komentar untuk "Ini Cara Instal Ulang Laptop yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri"