Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menghemat Baterai iPhone agar Awet Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai iPhone - BerhasilKlik


Bagaimana Cara Menghemat Baterai iPhone—bisa jadi membuat sobat BerhasilKlik penasaran. Karena bukan rahasia lagi jika ketahanan daya baterai ponsel pabrikan Paman Sam ini di bawah gawai android pada umumnya.  

Memang kapasitas baterai iPhone sendiri, misalnya iPhone 13 Pro Max hanya dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4.352 mAh. Relatif lebih kecil dibandingkan dengan Samsung S22 Ultra misalnya, yang dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. 

Dengan kapasitas tersebut, dalam kondisi normal baterai iPhone 13 Pro Max bisa stand by selama 43 jam dengan pemakaian normal sekitar 7 jam. 

Kenapa Baterai iPhone Cepat Habis

Namun sebenarnya durasi pemakaian baterai tidak hanya bergantung pada kapasitasnya saja. Hal itu juga dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya sistem operasi serta hadware yang disematkan ke dalamnya. 

Kenapa baterai iPhone cepat habis bisa dipengaruhi karena beberapa sebab. Misalnya karena usia baterai, aplikasi yang berjalan di latar belakang dan lainnya. 

Penyebab lainnya kenapa baterai iPhone cepat habis yakni karena push notification seperti email, GPS yang selalu aktif, pemakaian aplikasi yang berat hingga kualitas sinyal yang buruk. 

Lalu bagaimanakah cara menghemat baterai iPhone agar tidak mudah habis? 

Cara Menghemat Baterai iPhone agar Awet dan Tahan Lama

Jika sobat memiliki permasalahan di atas, berikut beberapa cara menghemat baterai iPhone agar awet dan tahan lama. Berikut tutorial selengkapnya:  

1. Matikan Notifikasi Layar

Notifikasi layar merupakan salah satu penyebab dari borosnya baterai iPhone yang Anda miliki. Oleh karena itu Anda dapat mengatasinya dengan cara mematikan notifikasi layar iPhone untuk memperpanjang usia baterai Anda. 

Cara mematikan notifikasi layar dapat Anda lakukan dengan pergi ke menu pengaturan iPhone, setelah itu masuk ke menu notifikasi lalu tinggal Anda pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan notifikasinya dan selesai. 

Langkah-langkahnya: 

- Klik menu “Pemberitahuan” di pengaturan perangkat

- Pilih aplikasi yang sering memunculkan notifikasi yang menurut sobat kurang urgen dan pentng. 

- Geser toggle “Izinkan Pemberitahuan” ke warna abu-abu.

2. Cara Menghemat Baterai iPhone yang Kedua: Mengaktifkan Low Power Mode

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya dengan mengaktifkan fitur Low Power Mode. Fitur yang juga dikenal dengan mode daya rendah ini cukup berguna untuk membatasi penggunaan baterai iPhone secara berlebihan. 

Untuk mengaktifkan fitur Low Power Mode ini ada bisa melakukannya dengan pergi ke pengaturan iPhone. Setelah itu pilih menu baterai, dan di situ terdapat beberapa pilihan lalu pilih Low Power Mode dengan cara diklik. 

3. Menjaga Suhu Tetap Stabil

Cara berikutnya untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan cara menjaga suhu iPhone yang sobat miliki agar tetap stabil. Menjaga suhu dalam artian tidak digunakan dalam area yang panas karena dapat menyebabkan baterai menjadi boros. 

iPhone didesain untuk dipakai dalam kisaran suhu mulai dari 16 derajat hingga 22 derajat celcius. Oleh karena itu gunakan perangkat iPhone sobat pada suhu ruangan yang stabil, dan jika perangkat sudah mulai panas maka sebaiknya istirahatkan perangkat sejenak hingga suhunya kembali stabil untuk di gunakan. 

4. Mengurangi Kecerahan Layar

Cara ini merupakan cara dasar untuk menghemat penggunaan baterai hampir di semua perangkat entah itu Android ataupun iPhone. Karena dengan meminimalkan kecerahan layar akan sangat berguna bagi kondisi baterai iPhone sobat. 

Perangkat dengan layar yang terlalu terang akan lebih banyak memakan konsumsi baterainya, karena semakin terang layar membutuhkan daya baterai yang lebih besar. Oleh karena itu gunakan kecerahan layar secukupnya saja jangan terlalu terang. 

5. Matikan Background App Refresh

Salah satu cara menghemat baterai iPhone lainnya yang dapat sobat lakukan adalah menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, salah satu contohnya adalah Background App Refresh yang sangat memakan penggunaan baterai. 

Untuk mematikannya bisa dengan cara berikut ini, pertama sobat masuk ke pengaturan iPhone, lalu pilih menu umum atau general, lalu pilih menu Background App Refresh kemudian klik untuk menonaktifkannya. 

Dengan mematikan Backgorund App Refresh, sistem operasi iPhone tidak akan menyegarkan atau memperbarui konten secara otomatis di latar belakang yang banyak mengonsumsi daya baterai.

6. Aktifkan Mode Pesawat di Daerah Susah Sinyal

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan cara mengaktifkan mode pesawat di daerah yang susah sinyal. Hal ini dilakukan agar baterai iPhone Anda agar tidak terbuang dengan percuma. 

Karena jika ponsel tidak mendapatkan sinyal yang baik akan membuat ponsel cepat kehabisan baterai dan membuat ponsel lebih panas. Oleh karena itu sebaiknya hidupkan saja mode pesawat di daerah yang susah sinyal. 

7. Gunakan Charger Bawaan Asli Apple

Kelihatannya seimpel, tapi cara menghemat baterai iPhone lainnya adalah dengan menggunakan pengisi daya (baik kabel dan adaptornya) asli dari Apple. Kenapa?

Karena charger orisinal memiliki output daya yang dirancang sesuai dengan kemampuan baterai iPhone. Sementara, charger kw-kw bisa saja mengeluarkan output daya yang tidak sesuai dengan standar iPhone. 

Output daya yang tidak sesuai tersebut dapat merusak kesehatan baterai iPhone. Kesehatan baterai iPhone yang menurun akibat rusak mengakibatkan durasi pemakaian perangkat menjadi lebih singkat, demikian penjelasannya sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Itulah beberapa cara yang berguna untuk menghemat konsumsi baterai iPhone yang sobat miliki. Semoga bermanfaat. []

Posting Komentar untuk "7 Cara Menghemat Baterai iPhone agar Awet Tahan Lama"