Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Beli yang Second? Berikut ini 5 Cara Cek Laptop Bekas

Ini 5 Cara Cek Laptop Bekas - BerhasilKlik

Cara cek laptop bekas sebenarnya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu pahami langka-langkah sederhananya di sini.

Tak melulu harus baru, laptop bekas dengan spesifikasi yang masih bagus dan utuh bisa menjadi pilihan bagi kamu yang hendak membeli sebuah laptop namun dengan harga yang lebih murah. Laptop bekas memang relatif lebih terjangkau dari segi harga, bila dibandingkan dengan laptop baru.

Jika kamu teliti dalam memilih laptop walaupun bekas, kamu akan mendapat dua keuntungan sekaligus. Keuntungan yang dimaksud ialah mendapat laptop harga miring dengan spesifikasi yang masih lengkap, dan performa yang oke.

Cara Cek Laptop Bekas

Agar kamu mendapat dua keuntungan yang sudah disebutkan tadi, simak cara cek laptop bekas sebagai berikut:

1. Periksa Body Laptop

Cara cek laptop bekas yang pertama ialah dengan memeriksa keadaan body laptop yang ingin kamu beli. Perhatikan lebih teliti dan menyeluruh pada kerangka laptop. Lihat apakah terdapat goresan, retak, atau lecet. 

Jika hanya terdapat goresan-goresan kecil saja mungkin tak mengapa. Namun, apabila terhadap retak atau lecet yang cukup parah, lebih baik kamu bertanya mengenai penyebab retaknya. 

Apabila ada retakan disebabkan karena terjatuh, maka kamu harus mempertimbangkan kembali untuk membelinya. Sebab, bisa saja komponen di dalamnya juga telah mengalami kerusakan.

2. Cek Layar dan LCD pada Laptop

Setelah memeriksa keadaan luar laptop, cara cek laptop bekas selanjutnya ialah dengan periksa bagian layar atau LCD pada laptop.

Periksa apakah terdapat warna berbeda atau bitnik-bintik pada layar. Cara memeriksanya cukup mudah. Kamu tinggal nyalakan laptop dan ganti wallpaper-nya dengan warna putih polos, lihat dengan seksama apakah ada bitnik-bintik warna hitam disana atau tidak. Jika ada, mending kamu pikirin lagi deh buat beli laptop itu.

3. Periksa Performa Laptop

Laptop bekas atau yang sudah digunakan biasanya bisa menurunkan software sebagai sistem operasi, hard disk, RAM dan lainnya. 

Kamu bisa memeriksa performa laptop dengan cara menggunakan semua aplikasi yang ada. Periksa apakah ada kendala ketika menggunakan beberapa aplikasi. Jika masih berjalan dengan baik, dapat dipastikan bahwa performa laptopnya masih aman untuk digunakan.

4. Cek Keadaan Hard Disk pada Laptop

Cara mengecek keadaan hard disk pada laptop bekas yang ingin kamu beli, ialah dengan mengunduh software HD Tune. 

Sesudah berasil di-unduh, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Buka software dan masuk ke tab menu "Health" 

- Lalu, masuk ke tab "Error Scan". 

- Ketuk bagian"Scan". 

- Kemudian tunggu hasilnya beberapa saat. 

- Lihat apakah hasilnya menunjukkan hijau semua atau tidak, jika hijau semua itu tandanya keadaan laptop masih bagus.

5. Periksa kembali Segel Sekrup yang Ada di Laptop

Cara cek laptop bekas berikutnya, yakni dengan memeriksa semua segel yang berfungsi untuk menjaga lubang sekrup. Lihat apakah segel sekrupnya masih aman dan utuh atau sudah rusak dan terlepas.

Hal ini bertujuan agar kamu tahu apakah laptop sudah pernah di bongkar atau belum. Apabila sudah di bongkar, kamu bisa tanyakan lebih dalam kepada sang pemilik.

Nah, jadi itulah cara cek laptop bekas yang bisa kamu lakukan. Perlu diingat kembali untuk mengecek laptop bekas yang ingin kamu beli, dengan lebih menyeluruh. Dan pastikan tidak ada komponen yang terlewat untuk di cek.

Selain itu, cara ini dapat membantumu agar tak mudah tertipu terhadap seseorang yang menawarkan laptop bekas dengan harga miring. 

Jangan lupa! Jadilah pembeli bijak nan cerdas, supaya kamu tak mudah tertipu. Riset secara rinci terhadap apa yang ingin kamu beli.

Gimana menarik bukan? Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di sini. []




Posting Komentar untuk "Mau Beli yang Second? Berikut ini 5 Cara Cek Laptop Bekas"