Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi Agar Normal Kembali

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi


Charger HP menjadi barang paling penting yang digunakan untuk mengisi daya baterai HP. Pada umumya, mengisi daya baterai HP hingga penuh hanya berkisar 1-2 jam saja. Namun, untuk beberapa ponsel sudah dibekali charger berteknologi tinggi sehingga memungkinkan untuk mengisi daya hanya dalam hitungan menit saja.

Mengisi daya ponsel selama berjam-jam atau melibihi batas umumnya, bisa menjadi tanda-tanda awal bahwa charger ponsel tengah mengalami kerusakan. Charger HP yang lambat mengisi, menjadi sebuah masalah yang menimbulkan keresahan tersendiri.  

Charger HP yang mengalami kerusakan, anda harus memerhatikan penyebabnya terlebih dahulu sebelum ke tahap cara memperbaikinya. 

Baca juga:
Cara Memperbaiki Jaringan E ke 4G

Penyebab charger HP lambat mengisi biasanya karena memakai ponsel saat mengisi daya, kerusakan komponen seperti adaptor, kabel data, port USB hingga baterai ponsel itu sendiri.

Sekarang anda tak perlu khawatir lagi, karena artikel ini menyajikan ringkasan yang diambil dari berbagai sumber terpercaya, mengenai cara memperbaiki charger HP lambat mengisi. Simak penjelasan berikut di bawah ini:

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi

1. Menonaktifkan HP Saat Mengisi Daya

Menggunakan HP saat sedang mengisi daya, dapat menjadi penyebab utama charger HP lambat mengisi. Cara sederhana agar HP anda mudah untuk mengisi daya ialah dengan mematikan HP saat tengah mengisi daya. Cara ini juga dapat menjaga keadaan HP anda agar tak menimbulkan masalah lain.

2. Mengganti Kabel Charger

Cara memperbaiki charger HP lambat mengisi selanjutnya bisa dengan mengganti kabel USB yang biasa anda gunakan dengan yang baru, tentunya yang sesuai dengan spesifikasi ponsel yang anda miliki.

3. Mengganti Adaptor 

Selain mengganti kabel USB, anda dapat mengganti adaptornya sebagai cara memperbaiki charger HP lambat mengisi. Cara ini bisa anda lakukan jika dengan mengganti kabelnya saja tak dapat memulihkan performa charger HP.

4. Update System

Cara memperbaiki charger HP lambat mengisi bisa anda lakukan dengan mengupdate system yang ada pada ponsel. Segera update system ponsel anda jika baterai lambat mengisi.

5. Menghapus Aplikasi yang Menguras Baterai Ponsel

Terkadang, aplikasi tertentu dapat dengan mudah menguras baterai ponsel. Tak jarang ketika anda sedang mengisi daya ponsel tapi memainkan aplikasi yang menguras baterainya, hal tersebut dapat membuat baterai HP anda lambat mengisi.

6. Memeriksa Baterai HP

Kondisi baterai HP yang sudah kurang baik, biasanya dapat mengakibatkan baterai HP lambat mengisi. Jika dirasa baterai HP sulit penuh ketika di charger, maka anda haris memeriksa kondisi baterai HP. Apabila baterai mengalami kerusakan yang parah, maka anda lebih baik menggantinya dengan yang baru sebagai cara memperbaiki baterai HP lambat mengisi.

7. Membersihkan Port USB

Port USB adalah tempat untuk memasukkan kabel atau peripheral lainnya ke ponsel. Port USB yang kotor bisa menjadi penyebab baterai HP lambat mengisi. Apabila port USB kotor, maka harus segera membersihkannya dengan menggunakan sikat kecil khusus.

8. Menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga menjadi masalah terjadinya pengisian daya yang lambat pada ponsel anda. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menonaktifkan atau mematikan aplikasi yang berjalan di ponsel. Dikarenakan hal itu akan mengganggu pengisian daya, dan lebih baiknya mengisi daya ponsel akan maksimal pada dalam keadaan mati. []




Posting Komentar untuk "Ini Dia Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi Agar Normal Kembali"