Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Ini 5 Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Booting

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Booting


Komputer tidak mau booting adalah sebuah permasalahan yang cukup meresahkan penggunanya. Tak ayal, begitu masalah ini muncul pengguna akan kesulitan mendapat akses untuk masuk ke sistem operasi (OS) pada perangkat.

Jika anda tengah mengalami hal demikian, maka artikel ini merupakan hal yang tepat sebagai referensi untuk memperbaiki kondisi komputer yang nggan booting.

Booting merupakan proses loading awal pada laptop atau komputer saat pertama kali dinyalakan. Perangkat yang mulanya dalam keadaan mati, kemudian dihidupkan dengan menekan tombol power, maka hal tersebut akan mengalami booting.

Mungkin bagi anda yang awam atau tidak tahu-menahu masalah komputer, hal ini akan menimbulkan kebingungan akan cara memperbaiki komputer tidak mau booting ini. 

Komputer yang mengalami kegagalan saat booting ini mungkin saja disebabkan beberapa pemicu. Seperti, kerusakan masalah pada BIOS, kerusakan Hardisk, masalah pada RAM, kerusakan pada processor, terkena virus, dan sistem operasi yang corrupt atau error.

Masalah komputer yang gagal booting tersebut dapat diatasi dengan 5 cara memperbaiki komputer tidak mau booting berikut ini.

5 Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Booting

Kami akan memberikan pemaparan lengkap mengenai beberapa cara memperbaiki komputer tidak mau booting. Untuk langkah tepatnya anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini.

1. Mulai Ulang Komputer

Cara memperbaiki komputer tidak mau booting yang pertama ialah dengan restart atau mulai ulang perangkat. Langkah ini merupakan cara termudah yang harus anda lakukan pertama kali.

Tekan tombol restart dan tunggu beberapa saat hingga komputer tidak mengalami gagal booting lagi.

2. Periksa Lampu Motherboard

Cara memperbaiki computer tidak mau booting selanjutnya ialah dengan memeriksa lampu motherboard yang terdapat pada computer. Cara ini dilakukan apabila langkah pertama tak kunjung memberi perbaikan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

- Pastikan computer sudah teraliri listrik.

- Bongkar casing komputer dan pastikan lampu motherboard sudah dalam keadaanmenyala.

- Jika lampu motherboard sudah menyala, namun booting masih gagal dilakukan, itu berarti catu daya tengah mengalami masalah.

3. Memasang Anti Virus atau Safe Mode

Aktifkan anti virus atau safe mode untuk membersihkan file-file yang ada di computer. Cara ini sangat bermanfaat untuk mengatasi computer gagal booting yang diakibatkan berbagai pemicu. Di bawah ini merupakan cara-cara yang bisa anda lakukan.

- Tekan tombol Power selama beberapa detik untuk mematikan komputer.

- Setelah itu nyalakan lagi dengan menekan tombol power selama beberapa detik juga. Lakukan secara berulang untuk proses reboot dengan menekan tombol power selama beberapa detik hingga komputer melakukan restart dan mesuk ke WinRE.

- Lalu klik ‘Trobleshoot’ dan pilih menu ‘Advanced Options’.

- Pilihlah ‘Startup Settings’ dan ketuk ‘Restart’.

- Setelah itu, hapus virus yang sedang memblokir booting computer anda .

4. Copot Perangkat yang Masih Tersambung

Saat computer di rasa gagal booting, anda dapat mencopot semua perangkat yang masih tersambung dengan computer. Seperti keyboard, mouse, flashdisk dan lain-lain sejenisnya. 

Jika semua perangkat telah di lepas, cobalah untuk restart pada computer seperti yang biasa anda lakukan.

5. Periksa Kondisi BIOS atau UEFI

Kondisi BIOS/UEFI yang salah dikonfigurasi dapat mengakibatkan computer gagal booting. Salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan akses ke mode BIOS dan menonaktifkan Secure Boot.

Secure Boot dirancang khusus untuk memberikan perlindungan pada komputer dari malware. Dikarenakan memiliki fungsi untuk memeriksa driver dan perangkat keras yang dimuat oleh Windows, maka setiap driver atau komponen perangkat keras yang sulit terdeteksi oleh sistem sehingga membuatnya mengalami kegagalan saat boot.

Oleh karenya, menonaktifkan Secure Boot bisa menjadi pilihan bagi anda untuk mengatasi computer yang gagal booting. 

Nah jadi itulah pemaparan kali ini tentang cara-cara memperbaiki computer gagal booting yang bisa anda lakukan sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil. []


Posting Komentar untuk "Berikut Ini 5 Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Booting"