Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Hp Android yang Tidak Bisa Menyala

Cara Memperbaiki Hp Android yang Tidak Bisa Menyala


Hp Android sobat tidak bisa menyala alias mati. Padahal ada keperluan yang harus segera dilakukan. Tenang, jangan panik. Tentunya ada cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala atau mati.  

Cara yang akan BerhasilKlik ulas di bawah ini bisa dibilang sebagai cara sederhana. Jadi sebelum memutuskan pergi ke tukang reparasi atau service center, sobat bisa mengantisipasi secara mandiri.

Cara Memperbaiki Hp Android yang Tidak Bisa Menyala

Banyak hal yang menyebabkan hp android sobat mati atau tidak bisa menyala. Berikut beberapa cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala. 

1. Hidupkan Ponsel dengan Cara Menahan Tombol Power

Cara mengatasi hp mati sendiri atau tidak bisa menyala yang pertama yakni dengan menahan tombol power. Mungkin cara ini sudah sobat lakukan, namun kali ini coba dengan durasi 1 menit lamanya ketika menahan tombol power.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Baterai iPhone agar Awet Tahan Lama

Tahan tombol power selama satu menit dan perhatikan, apakah ada vibrasi atau getaran yang kamu rasakan? Jika terasa bergetar namun di layer tidak nampak apapun, mungkin masalahnya terletak pada layarnya. 

Alternatif cara lainnya yakni tahan tombol power selama satu menit sambil ponselnya dicas atau dicharger ulang. Apakah menyala atau tidak?

2. Isi Ulang Baterai

Hp android sobat tidak menyala mungkin karena baterainya habis. Jadi coba isi ulang baterainya selama 10-15 menit. FYI, beberapa hp android lawas meniliki kapasitas baterai yang kecil, jadi mungkin saja ponsel sobat low bat.

Ketika gawai sobat dicas perhatikan, apakah ada vibrasi atau muncul tampilan baterai sedang diisi? Ponsel yang masih berfungsi akan bergetar atau muncul tampilan ketika dicas, kecuali sobat matikan fitur getaran tersebut di bagian pengaturan.

Jika tidak ada tanda-tanda mengisi, cas ulang dengan charger yang lain. Barangkali masalahnya ada di sana. 

3. Lepas dan atau Ganti Baterai 

cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala selanjutnya yakni dengan melepas atau mengganti baterai. Cara ini bisa dilakukan jika ponsel sobat masih model lawas yang tidak memakai baterai tanam.

Lepas dan diamkan beberapa waktu, dan kemudian pasangkan Kembali. Apakah problemnya ada di sana?

Cek juga fisik baterainya. Jika baterai ponsel sobat kembung, itu pertanda harus segera diganti. 

Lalu bagaimana untuk ponsel yang baterainya ditanam seperti kebanyakan ponsel zaman now? Untuk kasus yang ini, solusinya memang harus dibawa ke service center. 

4. Restart atau Mulai Ulang Ponsel 

Bisa jadi ponsel sobat tidak bisa menyala karena ada kerusakan pada perangkat lunaknya, yang mengakibatkan layar seperti mati atau berwarna hitam. Maka lakukan restart ulang. 

Cara Merestart Ponsel iPhone

Untuk iPhone dengan iOS 16 atau lebih tinggi, bisa dibilang cuma ada satu cara merestart paksa gawai sobat. 

Caranya yakni dengan menekan dan lepaskan tombol Volume Up, kemudian tekan dan lepaskan tombol Volume Down, lalu tahan tombol Samping (Sleep/Wake Button) sampai logo Apple muncul.

Cara Merestart Ponsel Android

Bisa dibilang cara memulai ulang ponsel Android merk apapun itu sama langkahnya. 

Cara restart Hp Samsung: Tekan dan tahan tombol power dan volume secara bersamaan selama 7-10 detik.

Cara restart Hp Oppo: Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Up selama kurang lebih 8-10 detik

Cara restart Hp Xiaomi:  Tekan tombol power dan volume up secara bersamaan, hingga muncul logo Xiaomi. Kemudian pilih "Wipe Data” dan  "Confirm".

Cara restart HP Vivo: Tekan tombol power dan tahan beberapa detik hingga muncul notifikasi "restart".

5. Flash Ulang

Jika keempat cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala di atas sudah sobat lakukan tetapi tidak ada efeknya. Maka solusi terakhir yaitu flash ulang atau instal ulang ponsel sobat. 

Tentunya sejumlah data atau aplikasi sobat bisa hilang akibat diinstal ulang. Tapi mau bagaimana lagi? Yang penting ponsel sobat bisa Kembali dipakai bukan. 

Nah demikian 5 cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala versi BerhasilKlik. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel menarik lainnya hanya di Berhasilklik.com []



Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Hp Android yang Tidak Bisa Menyala"