Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 8 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi dengan Baik


Bagi sebagian orang, laptop merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki. Maka tak heran jika laptop dianggap sebagai penunjang terbaik untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaan yang mungkin saja biasa dilakukan melalui komputer.

Sebagai pengganti komputer, performa yang ditampilkan laptop memanglah tak main-main. Kegunaannya cenderung sama dengan komputer, hanya saja laptop lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.

Dibalik keunggulannya itu, laptop juga bisa mengalami kerusakan atau error, terutama pada bagian keyboard yang seringkali tak dapat berfungsi dengan baik.

Tentunya hal tersebut akan menyulitkan pengguna ketika mengerjakan suatu pekerjaan di laptop. Tak jarang, karena panik kebanyakan orang langsung pergi untuk service laptop.

Tapi tenang, sekarang kamu gak usah risau lagi, karena ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sendiri sebagai cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan baik.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Adapun 8 cara memperbaiki keyboard laptop yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus ke tukang servise, berikut ini simak langkah-langkahnya.

1. Periksa Fungsi Num Lock

Cara memperbaiki keyboard laptop yang pertama ialah dengan memeriksa fungsi Num Lock. Ketika tombol tersebut sudah aktif, tanpa kamu sadari bagian keyboard yang utama akan mengalami perubahan seperti menjadi keypad numerik atau angka.

Ketika Num Lock telah aktif, tentunya hal ini akan membuat performa keyboard tak berjalan sebagaimana mestinya. Untuk beberapa jenis laptop tertentu, kamu bisa mematikannya dengan menekan Fn dan Num Lock secara bersamaan.

2. Restart Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop yang selanjutnya ialah dengan melakukan restart pada laptop. Kamu bisa mematikan laptop seperti biasanya selama beberapa saat, lalu hidupkan kembali.

Namun jika kamu keyboard kamu sulit untuk melakukannya, maka langkah yang harus kamu ambil mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol power.

3. Hidupkan System Restore

Apabila cara-cara memperbaiki keyboard laptop diatasa tidak berhasil, kamu bisa menghidupkan system restore. System recovery ini bisa kamu lakukan dengan membuka Start Menu, kemudian ketik ”Recovery”, dan klik bagian Configure System Restore. Namun perlu diingat jika cara ini hanya bisa dilakukan untuk pengguna Windows 10. 

4. Cek Pengaturan Keyboard

Penting bagi kamu untuk mengecek pengaturan keyboard di laptop. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Kunjungi bagian menu Start, lalu ketuk Control Panel.

- Klik menu Ease of Access, kemudian pilih opsi Make the keyboard easier to use. 

- Setelah itu, pilih setup filter key, dan klik Uncheck All. 

- Sesudah selesai, cek kembali keyboard apakah sudah kembali baik atau belum.

5. Perbaiki Driver Keyboard

Penyebab terjadinya kerusakan akan fungsi keyboard laptop, ada kemungkinan berawal dari error pada drivernya. Pemicunya cukup beragam, seperti, virus, atau masalah pada software dan aplikasi tertentu.

Cara memperbaiki keyboard laptop melalui driver keyboard cukup mudah. Kamu hanya perlu memeriksa Device Manager untuk bagian keyboard. Apabila terdapat tanda segitiga berwarna kuning, artinya driver keyboard tengah mengalami masalah. 

Download dan pasang driver baru melalui situs resmi dari merek laptop untuk mengatasi hal itu.

6. Bersihkan Laptop dari Debu dan Kotoran

Penyebab terjadinya keyboard laptop yang tak dapat berfungsi dengan baik sangatlah beragam. Tak terkecuali dengan laptop yang berdebu. Hal ini ternyata dapat menjadi penyebabnya.

Maka dari itu, kamu bisa melakukan pembongkaran pada laptop agar tak kesulitan ketika membersihkan debu dan kotoran.

7. Ubah Layout Keyboard

Salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan sebagai cara untuk memperbaiki keyboard laptop adalah dengan mengubah layout keyboard. Lakukan langkahnya sebagai berikut:

- Buka menu Start, ketik Searching “Language” 

- Pilih Bahasa yang ingin digunakan

- Ketuk Options, lalu tunggu hingga muncul “US QWERTY”. 

- Sedikit saran, supaya masalah tersebut tidak terulang kembali, kamu bisa menghapus beberapa layout yang tidak akan digunakan.

8. Perbaiki Konektor yang Tidak Terpasang Sempurna

Cara memperbaiki keyboard laptop yang terakhir yaitu dengan memperbaiki konektor yang tidak terpasang dengan baik.

Tentu saja hal ini memungkinkan membuat keyboard mengalami masalah. Untuk memastikannya, kamu dapat membongkar keyboard laptop secara otodidak dengan mempelajari video tutorial di Youtube atau meminta bantuan orang yang lebih ahli untuk memasang konektor dengan lebih pas.

Jadi, itulah pembahasan kita kali ini, berkaitan dengan cara memperbaiki keyboard laptop yang mengalami error. 

Ikuti langkah-langkahnya hingga kamu masalah yang kamu alami dapat terselesaikan dengan baik. Selamat berusaha dan semoga berhasil! []



Posting Komentar untuk "Ini 8 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi dengan Baik"