Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Meningkatkan SEO On Page Blog, Agar Artikel Berhasil Diindeks

Tulisan yang berfokus pada cara meningkatkan seo on page ini, agar artikel berhasil diindeks memahami bahwa setelah algoritma baru yang diterapkan google terakhir ini untuk penerapan google penelusurannya membuat banyak penulis blog yang melontarkan keluhan terkait artikel mereka. Hal itu dikarenakan penulis blog yang memiliki banyak artikel yang diindeks di google menjadi hilang dari daftar penelusuran, kemudian lama terindeks, bahkan ada yang susah terindeks. 

seo on page
Gambar oleh Tumisu dari Pixabay 

Jika anda belum pernah membaca dan mengetahui tentang seo, silahkan kunjungi seo dan jenis seo.

Agar artikel berhasil diideks, sebaiknya anda memahami dan menerapkan seo on page pada situs blog. Dengan begitu situs halaman blog anda dapat dengan mudah dicrawl googlebot dan lalu bisa diindeks di halaman penelusuran google. 

SEO On Page

Bulan oktober 2022 lalu google melalui akun twitter google search central telah merilis pengumuman bahwa telah memperbaruhi algoritma dengan sasaran pangkas pada situs dan website spam atau yang dianggap sampah dan telah memperbaruhi peringkat halaman situs-situs baik itu blog, website dan lainnya.

Namun kenyataannya banyak juga situs yang  kena dampak, kenapa demikian? Nah, mesti kita ketahui bahwa google juga telah memberikan informasi yaitu telah memperbaruhi peringkat halaman situs-situs untuk indeks pencarian. Hal ini dilakukan untuk membuat pengalaman pengguna lebih baik lagi. Makanya jangan heran kalau situs blog atau web anda dihilangkan atau disalip dengan situs lainnya. Itu karena update peringkat halaman.

SEO On Page adalah upaya optimalisasi pada halaman situs blog, anda dapat lakukan. Ini untuk meningkatkan dan menjaga peringkat kualitas dari halaman artikel situs blog anda. Baca selengkapnya

Jika situs blog anda ingin tetap bersaing untuk tampil di penelusuran google, seo on page harus diterapkan dengan baik dan berkelanjutan. SEO On Page inilah yang nantinya dapat menjaga kualitas konten situs blog anda. Baik dari sisi struktur dan pengalaman pengunjung anda. Karena dengan SEO On Page ini juga bisa mendatangkan trafik pengunjung situs blog anda yang asli. Trafik pengunjung situs organik, baca selengkapnya.

Tips : Usahakan fokus mencari pengunjung atau trafik pengunjung organik, terlebih lagi jika situs blog anda termasuk masih baru rilis. Pastikan link url anda sesuai dengan judul postingan artikel anda dan aktif.

3 Cara Meningkatkan SEO ON PAGE BLOG, Agar Artikel Berhasil Diindeks

1. Gunakan Template Responsive & Cepat

Cara meningkatkan SEO On Page blog  yang pertama yaitu buat template responsive. Template responsive merupakan pola format atau tatanan situs blog yang tampil ketika dikunjungi. 

Situs blog anda harus memiliki template responsive karena pengguna memiliki perangkat berbeda-beda yang akan mengakses situs blog anda. Template responsive merupakan template yang dapat menyesuaikan tampilan situs blog di berbagai perangkat. 

Gunakan juga template responsive yang cepat. Situs blog yang bisa dengan cepat diakses menjadi nilai tambah dan menyenangkan bagi pengguna. Hal itu juga akan membuat algoritma google lebih mempertimbangkan situs blog anda.

Template responsive yang cepat menjadi salah satu kunci penting dalam meningkatkan SEO On Page situs blog anda, jadi sebelum anda melangkah untuk membuat artikel yang berkualitas dan bermanfat untuk pengguna terapkanlah ke situs anda template yang responsive dan cepat.

Tips : Ketika anda membuat template responsive dan cepat pada situs blog, tetap perhatikan penempatan dan penulisan yang tepat untuk script code nya. Misalnya inisial atribut, tag verifikasi, meta tag, schema dan properti serta yang lainnya. Terakhir lakukan validasi html di schema.org dan validate.w3.org.

2. Terapkan Internal Link & External

Penerapan selanjutnya untuk meningkatkan SEO On Page blog agar artikel berhasil terindeks yaitu dengan membuat internal link dan external link pada artikel postingan blog. Bisa anda perhatikan sendiri pada halaman situs blog berhasilklik.com disini.

Penerapan internal link dan external ini juga mesti anda pahami dengan baik. Ketika anda membuat artikel atau halaman situs blog, upayakan membuat link tersebut. Dengan tujuan membantu pengguna untuk lebih memahami dan lebih menjelaskan tentang apa yang pengguna cari dan ingin ketahui. 

Jangan membuat internal link dan external link yang tidak bermanfaat dan tidak relevan sama sekali. Hal tersebut hanya menipu pengguna dan membuat pengalaman pengguna menjadi buruk. Hal tersebut bisa berpengaruh pada peringkat situs blog anda pada google maupun mesin pencari lainnya.

Tips : Ketika membuat artikel postingan blog, buatlah external link pada awal bagian artikel postingan, dan buatlah juga internal link pada pertengahan dan akhir artikel postingan anda. Buat dan sisipkan juga Baca Juga postingan lain yang berkaitan pada halaman artikel postingan blog anda

3. Daftarkan Blog ke Webmaster Tools

Langkah ketiga untuk meningkatkan Seo On Page blog agar berhasil diindeks google adalah dengan mendaftarkan situs blog anda webmaster tools masing-masing pencari. Kita bahas saja google yaitu Google Search Console. Daftarkanlah situs blog anda di situ -> lalu buat properti situs anda -> verifikasi kepemilikan situs anda. 

Ketika situs blog anda sudah terdaftar di google search console, inputlah sitemap situs blog anda. Menggunakan menu peta situs (sitemap). Inputlah sitemap halaman situs blog anda biasanya dengan format “https://www.contohsitus.com/sitemap.xml” dan pastikan berhasil memproses peta situs.

Pelajari lebih lanjut penggunaan google search console untuk membantu anda dalam meningkatkan peringkat dan trafik situs blog anda. Setidaknya anda memahami menu performa, indeks serta laporan dan fitur lama.


Itulah 3 cara meningkatkan SEO On Page, agar artikel berhasil diindeks. Lakukan ketiga hal tersebut secara konsisten berkelanjutan pada situs blog anda agar situs blog anda mampu bersaing dalam menghadapi ketatnya persaingan dan algoritma baru google. Kami sarankan juga anda untuk membaca rangkuman Optimalan SEO disini. 

Posting Komentar untuk " 3 Cara Meningkatkan SEO On Page Blog, Agar Artikel Berhasil Diindeks"