Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Google Form di Smartphone dan Iphone

Deskripsi Singkat tentang Google Form

Google adalah salah satu perusahaan dunia yang sudah menjadi sahabat dekat penduduk dunia terlebih lagi dalam dunia teknologi. Dalam kehidupan sehari – hari produk google selalu digunakan untuk banyak hal, seperti untuk berinteraksi, bertransaksi, bertukar ilmu dan Pendidikan bahkan sampai urusan bisinis baik perorangan maupun perusahaan. Kita ambil contoh saja salah satu produk google yang sering digunakan dan dimanfaatkan adalah Google Form.  

Google form (google formulir) merupakan salah satu fitur dari Aplikasi yang dimiliki google. Walaupun hanya sebuah fitur tapi manfaatnya sangat besar buat banyak pengguna. Pengguna yang sering memakai fiur google form ini dari kalangan pelajar atau mahasiswa dan karyawan perusahaan. Untuk pelajar atau mahasiswa ini sangat sering menggunakan google form untuk berbagai hal seperti untuk kehadiran, tanya jawab dan kuisioner penelitian online. 

Google form juga merupakan salah satu produk layanan dari Google Docs. Dalam dunia Pendidikan Fitur aplikasi dari google form ini sangant cocok untuk siswa, mahasiswa, guru dan dosen, karyawan perusahaan, pegawai pemerintahan yang sering membuat kuis, form dan survei online. 

Untuk dapat menggunakan fitur aplikasi google form maka kita diharuskan membuat atau memliki akun universal google dengan cara mendaftarkan diri kita untuk membuka akun Google mail atau sering disebut Gmail.  Perlu diingat bahwa membuat akun google universal google atau gmail kita tidak pernah dikenakan biaya apapun semua gratis. Namun perlu diingat juga google membatasi storage dari setiap akun yang kita buat. 

Ketika kita sudah memiliki akun google yang telah terdaftar maka kita bisa menggunakan berbagai produk google lainnya seperti youtube, site, google drive, blogger, news dan lainnya. Sedangkan google form sendiri merupakan salah satu fitur dari google drive yang dibuat google. Dan yang lainnya ada fitur google sheet(excel), google slides (slide), google drive (penyimpanan), google docs (dokumen). 

Google drive sendiri merupakan salah satu aplikasi dari produk google yang bernama google Suite (G Suite) dan untuk aplikasi yang sejenis ada google mail, news, search, maps, youtube, play, translate, photos dan masih banyak lagi lainnya. 

Aplikasi yang disediakan google tersebut tidak hanya dapat digunakan secara sendiri melainkan dapat kita kerjakan secara bersamaan baik dengan rekan tim maupun respoden lain.  Sebab google juga telah menerapkan teknologi cloud atau penyimpan secara bersama. Istilah lanjutannya atau keilmuannya tersebut sering disebut sebagai cloud computing. 

Jadi, inti dari Google Form adalah salah satu Aplikasi dari google yang mempermudah pengguna untuk mendapatkan data, baik menggunakan smarthpohe berbasis android atau menggunakan iphone.

Fungsi dan Manfaat Google Form

Fungsi dan maanfaat google form ada beberapa yakni pengumpulan data tidak lagi membutuhkan waktu lama, kemudian tidak lagi menggunakan media kertas yang dapat memperbanyak pembabatan pohon hutan yang biasa kita semua tidak sadari.  Selain itu, manfaat lain dari google formulir ini yaitu datanya dapat dibackup dan disimpan selamanya tanpa takut data rusak ataupun tercecer.

Langkah langkah membuat google form di smartphone Android dan Iphone :

1. Kunjungi website google search atau google.com pada browser chrome smartphone atau iphone anda
2. Lalu ketik pada kolom pencarian -> Login Drive Google
3. Pilih query pencarian yang pertama yaitu menu login, lalu lakukan login akun email atau google anda 
Google Form 1
4. Kemudian ketika sudah berhasil login ke web google drive, terlebih dahulu ubah mode tampilan chrome anda ke mode tampilan desktop
5. Setelah itu akan muncul tampilan dashboard utama dari google drive. Kemudian Tekan tanda plus (+) baru / New -> Pilih Google Formulir -> Pilih salah satu jenis form (Formulir Kosong, Kuis Kosong atau Template) :
Google Form 2
6. Silahkan explore saja satu persatu baik formulir, kuis maupun template. Contoh jika anda memilih formulir kosong, akan muncul tampilan tersebut :

Google Form 3
7. Jika anda pertama kali mengunjungi fitur aplikasi dari google form, maka anda akan ditawari untuk tur yang gunanya akan memperkenalkan anda fungsi dan cara penggunaan google formulir tersebut.
8. Kami rekomendasikan anda untuk klik ikuti tur, dan ikuti saja turnya secara bertahap. Pertama-tama, tentutkan Judul dari Formulir yang anda ingin buat :


Contohnya kami buat 

Topic atau judul : Belajar Pengisian Survei
Deskripsi           : Google adalah tempat belajar yang bersahabat
Pertanyaan         : Apakah anda pernah menggunakan google form ?
Google Form 4
9. Anda bisa membuat sesuai dengan susunan yang anda ingin buat
10. Lalu kami berikut penjelasan masing” setiap fitur atau tombol entri
11. yang ada pada google formulir tersebut :

Google Form 5

12. Lalu terdapat 11 tipe jawaban yang dapat anda gunakan seperti gambar berikut :

Google Form 6

13. Setelah selesai dan klik kirim form yang dibuat akan muncul tampilan berikut :

Google Form 7
14. Klik dan centang kotak Perpendek URL lalu klik salin.
15. Terakhir kirim google Formulir :

Google Form 8

16. Berikut contoh tampilan google formulir yang telah kita buat tadi :

Google Form 9
17. Selesai.


Itulah langkah-langkah untuk membuat google form di smartphone dan iphone

Dengan Adanya google form atau google formulir ini nyata sungguh – sungguh sangat membantu pekerjaan di bidang apapun itu. Karena begitu bermanfaatnya juga keyword cara membuat google form pernah menjadi trend tahunan di google.

Berikut yang Berhasil Klik dapat bagi buat anda, semoga artikel ini cara membuat google form di smartphone dan iphone bisa memberikan manfaat buat semuanya. 


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Google Form di Smartphone dan Iphone"